HAYAT, DEVISA NAPISATUL (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPERIBADIAN KEIRSEY. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (82kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (222kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (113kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (8kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (8kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (228kB)
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (335kB)
8. BAB 1.pdf
Download (238kB)
9. BAB 2.pdf
Download (368kB)
10. BAB 3.pdf
Download (294kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (10kB)
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
14, LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepriadian Keirsey yang terdiri dari 4 tipe kepribadian diantaranya guardian, artisant, rational, dan idealist. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket tipe kepribadian Keirsey, tes kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi bangun ruang sisi datar, dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 peserta didik dari kelas VIII D SMP Terpadu riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya yang memiliki kecenderungan sangat kuat pada masing-masing tipe kepriadian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini peserta didik dengan tipe kepriadian guardian, artisant, rational, dan idealist memiliki perbedaan dalam menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Subjek tipe guardian dan artisan mampu menyelesaikan soal dengan dua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran dan elaborasi. Subjek tipe rational mampu menyelesaikan soal dengan tiga indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan dan elaborasi. Subjek tipe idealist mampu menyelesaikan soal dengan empat indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi.
Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif matemtis, Tipe kepriadian Keirsey
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 00:54 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 00:54 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2708 |
