HAROMAIN, SABHA NURUL (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU DIAGRAM VEE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (69kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (206kB)
3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf
Download (226kB)
4. Abstrak.pdf
Download (28kB)
5. Abstract.pdf
Download (28kB)
6. Kata Pengantar.pdf
Download (101kB)
7. Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (106kB)
8. Daftar Isi.pdf
Download (51kB)
9. Daftar Tabel.pdf
Download (37kB)
10. Daftar Gambar.pdf
Download (35kB)
11. Daftar Lampiran.pdf
Download (26kB)
12. Bab 1.pdf
Download (125kB)
13. Bab 2.pdf
Download (396kB)
14. Bab 3.pdf
Download (1MB)
15. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (287kB)
16. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (28kB)
17. Daftar Pustaka.pdf
Download (186kB)
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (109kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning berbantu diagram vee terhadap kemampuan pemecahan masalah dan
keterampilan komunikasi peserta didik kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya tahun
ajaran 2023/2024 pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang
digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Posttest Only Control Group
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 12
kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 441 orang. Pengambilan sampel
dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X-E8 sebagai kelas
eksperimen, kelas X-E12 sebagai kelas kontrol positif, dan kelas X-E6 sebagai
kelas kontrol negatif. Instrumen yang digunakan yaitu tes berupa soal uraian
sebanyak 8 soal kemampuan pemecahan masalah dan angket keterampilan
komunikasi sebanyak 16 pernyataan. Data hasil penelitian diolah dengan uji
prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan untuk uji
hipotesis menggunakan uji One Way ANOVA. Hasil penelitian kemampuan
pemecahan masalah menunjukkan nilai Sig. 0,001 < 0,05 dan keterampilan
komunikasi menunjukkan nilai Sig. 0,042 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh
model Problem Based Learning berbantu diagram vee terhadap kemampuan
pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi peserta didik. Hasil uji Least
Significant Difference (LSD) menunjukkan bahwa model Problem Based
Learning berbantu diagram vee berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan
masalah dan keterampilan komunikasi peserta didik dibandingkan dengan model
Problem Based Learning dan model Discovery Learning.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Diagram Vee, Kemampuan
Pemecahan Masalah, Keterampilan Komunikasi, Perubahan
Lingkungan
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 04:07 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 04:07 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/270 |
