AMRULLAH, AHMAD HANIF (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA DENGAN PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENTS (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. cover.pdf
Download (26kB)
2. pengesahan.pdf
Download (64kB)
3. penguji.pdf
Download (54kB)
4. pernyataan.pdf
Download (58kB)
5. motto.pdf
Download (68kB)
6. abstrak.pdf
Download (10kB)
7. kata pengantar.pdf
Download (117kB)
8. ucapan terimakasih.pdf
Download (72kB)
9. daftar isi.pdf
Download (94kB)
10. bab i.pdf
Download (96kB)
11. bab ii.pdf
Download (153kB)
12. bab iii.pdf
Download (218kB)
13. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (404kB)
14. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9kB)
15. daftar pustaka.pdf
Download (89kB)
16. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
17. biodata.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing pada permainan sepak bola dengan penerapan model cooperative learning tipe team game tournaments pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas VIII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya jumlah laki laki 17 dan perempuan 16 siswa, objek penelitian ini adalah proses pembelajaran passing pada permainan sepak bola dengan penerapan model cooperative learning tipe team game tournaments. Instrumen penelitian menerapkan tes observasi dan tes unjuk kerja menggunakan rubrik penilaian yang terdapat pada Modul Ajar dimaksudkan untuk mengetahui nilai proses. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar passing permainan sepak bola dengan penerapan model cooperative learning tipe team game tournaments pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Setelah penerapan model cooperative learning tipe team game tournaments pada siswa kelas VIII-A dilakukan dengan 2 siklus hasilnya sebesar 82 diatas Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) yaitu 76. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan penerapan model cooperative learning tipe team game tournaments terbukti dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar passing permainan sepak bola di kelas VIII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Cooperative Learning Tipe Team Game Tournaments, Passing, Sepak Bola.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 06:55 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 06:55 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2687 |
