MULYANI, ECI (2024) PENGARUH KONTINUITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN DIMODERASI OLEH PERSISTENSI DIRI (Survei pada Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Cikatomas Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 COVER.pdf
Download (223kB)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (174kB)
03 TANDA TANGAN PENGUJI.pdf
Download (145kB)
04 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (157kB)
05 ABSTRACT.pdf
Download (186kB)
06 ABSTRAK.pdf
Download (184kB)
07 KATA PENGANTAR.pdf
Download (186kB)
08 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (292kB)
09 DAFTAR ISI.pdf
Download (203kB)
10 DAFTAR TABEL.pdf
Download (183kB)
11 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (180kB)
12 BAB I.pdf
Download (329kB)
13 BAB II.pdf
Download (377kB)
14 BAB III.pdf
Download (915kB)
15 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (607kB)
16 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (297kB)
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (408kB)
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai hasil belajar siswa yang rendah. Masih banyak siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditentukan oleh sekolah pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kontinuitas Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar dengan Dimoderasi oleh Persistensi Diri. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan desain penelitian eksplanatori. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X yang berjumlah 420 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik probability sampling jenis simple random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 205 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, dan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara kontinuitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar. Kemudian untuk hasil moderated regression analysis (MRA) menunjukkan bahwa tidak adanya efek yang menunjukan bahwa persistensi diri dapat memperlemah dan memperkuat kontinuitas belajar terhadap hasil belajar dikarenakan kontinuitas belajar dan persistensi diri berjalan masing-masing dalam mempengaruhi hasil belajar, sedangkan menunjukkan adanya efek yang memperkuat persistensi diri pada motivasi berprestasi terhadap hasil belajar.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Kontinuitas Belajar, Motivasi Berprestasi, Persistensi Diri.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 06:31 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 06:31 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2682 |
