RAHMADIANA, RAIHAN TRI (2024) PROSES BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1_Cover.pdf
Download (82kB)
2_Lembar Pengesahan.pdf
Download (105kB)
3_Surat Keterangan Revisi.pdf
Download (160kB)
4_Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf
Download (99kB)
5_Abstrak.pdf
Download (7kB)
6_Kata Pengantar.pdf
Download (57kB)
7_Daftar Isi.pdf
Download (49kB)
8_Daftar Tabel.pdf
Download (31kB)
9_Daftar Gambar.pdf
Download (31kB)
10_Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (36kB)
11_Bab 1.pdf
Download (86kB)
12_Bab 2.pdf
Download (314kB)
13_Bab 3.pdf
Download (219kB)
14_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (838kB)
15_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (30kB)
16_Daftar Pustaka.pdf
Download (149kB)
17_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
18_Riwayat Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (89kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan soal AKM ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket gaya kognitif visualizer dan verbalizer, tes soal AKM, dan wawancara. Subjek dari penelitian ini merupakan peserta didik kelas VII F SMP Negeri 8 Tasikmalaya yang berjumlah 28 orang dengan tiga subjek yang diambil pada masing-masing gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Berdasarkan hasil penelitian, subjek dengan gaya kognitif visualizer melalui seluruh tahapan proses berpikir kreatif menurut Wallas. Pada tahap persiapan semua subjek membaca soal yang diberikan dan dapat menjelaskan maksud soal. Selanjutnya pada tahap inkubasi semua subjek berhenti sejenak untuk memikirkan solusi permasalahan dan mengingat kembali materi yang pernah dipelajari. Selanjutnya pada tahap iluminasi semua subjek merencanakan strategi penyelesaian masalah dapat menjelaskan strategi yang akan digunakan. Pada tahap verifikasi semua subjek menggunakan strategi yang sebelumnya sudah direncanakan. Subjek dengan gaya kognitif verbalizer melalui seluruh tahapan proses berpikir kreatif menurut Wallas. Pada tahap persiapan semua subjek membaca soal yang diberikan dan menuliskan informasi pada soal serta dapat menjelaskan maksud soal. Selanjutnya pada tahap inkubasi semua subjek membaca soal secara berulang-ulang dan mengingat kembali materi yang sudah dipelajari. Selanjutnya pada tahap iluminasi semua subjek merencanakan strategi penyelesaian masalah pada soal dan hanya menggunakan satu cara penyelesaian. Pada tahap terakhir yaitu tahap verifikasi semua subjek menggunakan strategi yang sebelumnya sudah direncanakan dan melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pada lembar jawaban.
Kata kunci: Proses Berpikir Kreatif, AKM, Visualizer dan Verbalizer
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 03:06 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 03:06 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2664 |
