PROSES BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER

RAHMADIANA, RAIHAN TRI (2024) PROSES BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1_Cover.pdf] Text
1_Cover.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 2_Lembar Pengesahan.pdf] Text
2_Lembar Pengesahan.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 3_Surat Keterangan Revisi.pdf] Text
3_Surat Keterangan Revisi.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 4_Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf] Text
4_Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 5_Abstrak.pdf] Text
5_Abstrak.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 6_Kata Pengantar.pdf] Text
6_Kata Pengantar.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 7_Daftar Isi.pdf] Text
7_Daftar Isi.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 8_Daftar Tabel.pdf] Text
8_Daftar Tabel.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 9_Daftar Gambar.pdf] Text
9_Daftar Gambar.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 10_Daftar Lampiran.pdf] Text
10_Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[thumbnail of 11_Bab 1.pdf] Text
11_Bab 1.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 12_Bab 2.pdf] Text
12_Bab 2.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 13_Bab 3.pdf] Text
13_Bab 3.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 14_Bab 4.pdf] Text
14_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[thumbnail of 15_Bab 5.pdf] Text
15_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[thumbnail of 16_Daftar Pustaka.pdf] Text
16_Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 17_Lampiran.pdf] Text
17_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 18_Riwayat Penulis.pdf] Text
18_Riwayat Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan soal AKM ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket gaya kognitif visualizer dan verbalizer, tes soal AKM, dan wawancara. Subjek dari penelitian ini merupakan peserta didik kelas VII F SMP Negeri 8 Tasikmalaya yang berjumlah 28 orang dengan tiga subjek yang diambil pada masing-masing gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Berdasarkan hasil penelitian, subjek dengan gaya kognitif visualizer melalui seluruh tahapan proses berpikir kreatif menurut Wallas. Pada tahap persiapan semua subjek membaca soal yang diberikan dan dapat menjelaskan maksud soal. Selanjutnya pada tahap inkubasi semua subjek berhenti sejenak untuk memikirkan solusi permasalahan dan mengingat kembali materi yang pernah dipelajari. Selanjutnya pada tahap iluminasi semua subjek merencanakan strategi penyelesaian masalah dapat menjelaskan strategi yang akan digunakan. Pada tahap verifikasi semua subjek menggunakan strategi yang sebelumnya sudah direncanakan. Subjek dengan gaya kognitif verbalizer melalui seluruh tahapan proses berpikir kreatif menurut Wallas. Pada tahap persiapan semua subjek membaca soal yang diberikan dan menuliskan informasi pada soal serta dapat menjelaskan maksud soal. Selanjutnya pada tahap inkubasi semua subjek membaca soal secara berulang-ulang dan mengingat kembali materi yang sudah dipelajari. Selanjutnya pada tahap iluminasi semua subjek merencanakan strategi penyelesaian masalah pada soal dan hanya menggunakan satu cara penyelesaian. Pada tahap terakhir yaitu tahap verifikasi semua subjek menggunakan strategi yang sebelumnya sudah direncanakan dan melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pada lembar jawaban.

Kata kunci: Proses Berpikir Kreatif, AKM, Visualizer dan Verbalizer

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 12 Dec 2025 03:06
Last Modified: 12 Dec 2025 03:06
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2664

Actions (login required)

View Item
View Item