Erawan, Qisthi Nur Ramadhanti (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA INFOGRAFIS BERBANTUKAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Sub Materi Pemetaan kelas X di MAN 1 Sumedang). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (2MB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (706kB)
3 LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf
Download (632kB)
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (713kB)
5 ABSTRAK.pdf
Download (2MB)
6 KATA PENGANTAR.pdf
Download (2MB)
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (2MB)
8 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
9 BAB 1.pdf
Download (2MB)
10 BAB 2.pdf
Download (2MB)
11 BAB 3.pdf
Download (2MB)
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
14 BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang pembelajaran geografi sebagian besar yang telah dilaksanakan masih sering berpusat pada guru itu sendiri. Pembelajaran yang terjadi di dalam kelas ini terkesan lebih pasif dan hanya segelintir peserta didik yang berperan aktif dalam proses pembelajaran yang terjadi di kelas terkesan tidak ada kolaborasi atanr peserta didik dan guru. Selain dengan masih berpusat pada guru tapi sebagain besar peserta masih kurang dalam melakukan diskusi kelas yang menyebabkan sering terjadi keheningan dalam kelas, ini juga menjadi alasan nilai siswa kurang pas dengan nilai yang telah di tetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk bisa mengetahui penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Geografi pada materi pemetaan dasar di MAN 1 Sumedang. Metode pada penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian Penelitian subjek random desain pre-test dan post-test grup. Populasi yang digunakan adalah kelas X MAN 144 sedangkan dengan sample nya adalah kelas X.1 dan Kelas X.5 sebanyak 50 orang dengan menggunakan penentuan sampel menggunakan metode judgment sampling. Penelitian ini menggunakan analisis Uji Wilcoxon yang bernilai 0,000. nilai 0,000 itu lebih kecil daripada 0,05.Alasan menggunakan analisi itu adalah karena datanya homogen dan data tidak berdistribusi dengan normal. Model Project Based Learning (PjBL) berbantukan aplikasi canva ini berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, terbukti dari Ha yang di terima dan Ho yang di tolak. Model Project Based Learning (PjBL) media infografis ini berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi materi pemetaan dasar, semakin baik setelah penggunaan media tersebut.
Kata Kunci : Model Project Based Learning (PjBL), Media Infografis, Canva, Hasil belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 02:22 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 02:22 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2653 |
