PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA INFOGRAFIS BERBANTUKAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Sub Materi Pemetaan kelas X di MAN 1 Sumedang)

Erawan, Qisthi Nur Ramadhanti (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA INFOGRAFIS BERBANTUKAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Sub Materi Pemetaan kelas X di MAN 1 Sumedang). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (706kB)
[thumbnail of 3 LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf] Text
3 LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of 4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (713kB)
[thumbnail of 5 ABSTRAK.pdf] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 6 KATA PENGANTAR.pdf] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
8 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 9 BAB 1.pdf] Text
9 BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 10 BAB 2.pdf] Text
10 BAB 2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 11 BAB 3.pdf] Text
11 BAB 3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 12 BAB 4.pdf] Text
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 13 BAB 5.pdf] Text
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 14 BAB 6.pdf] Text
14 BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 15 LAMPIRAN.pdf] Text
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang pembelajaran geografi sebagian besar yang telah dilaksanakan masih sering berpusat pada guru itu sendiri. Pembelajaran yang terjadi di dalam kelas ini terkesan lebih pasif dan hanya segelintir peserta didik yang berperan aktif dalam proses pembelajaran yang terjadi di kelas terkesan tidak ada kolaborasi atanr peserta didik dan guru. Selain dengan masih berpusat pada guru tapi sebagain besar peserta masih kurang dalam melakukan diskusi kelas yang menyebabkan sering terjadi keheningan dalam kelas, ini juga menjadi alasan nilai siswa kurang pas dengan nilai yang telah di tetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk bisa mengetahui penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Geografi pada materi pemetaan dasar di MAN 1 Sumedang. Metode pada penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian Penelitian subjek random desain pre-test dan post-test grup. Populasi yang digunakan adalah kelas X MAN 144 sedangkan dengan sample nya adalah kelas X.1 dan Kelas X.5 sebanyak 50 orang dengan menggunakan penentuan sampel menggunakan metode judgment sampling. Penelitian ini menggunakan analisis Uji Wilcoxon yang bernilai 0,000. nilai 0,000 itu lebih kecil daripada 0,05.Alasan menggunakan analisi itu adalah karena datanya homogen dan data tidak berdistribusi dengan normal. Model Project Based Learning (PjBL) berbantukan aplikasi canva ini berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, terbukti dari Ha yang di terima dan Ho yang di tolak. Model Project Based Learning (PjBL) media infografis ini berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi materi pemetaan dasar, semakin baik setelah penggunaan media tersebut.

Kata Kunci : Model Project Based Learning (PjBL), Media Infografis, Canva, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 12 Dec 2025 02:22
Last Modified: 12 Dec 2025 02:22
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2653

Actions (login required)

View Item
View Item