METODE INDEKS KONDISI PERKERASAN (IKP) DALAM PENENTUAN KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU DI RUAS JALAN CISINGA KABUPATEN TASIKMALAYA

SANJAYA, NOUVAL (2024) METODE INDEKS KONDISI PERKERASAN (IKP) DALAM PENENTUAN KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU DI RUAS JALAN CISINGA KABUPATEN TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[thumbnail of 10. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf] Text
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (868kB)
[thumbnail of 13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf] Text
13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 14. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf] Text
14. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kerusakan perkerasan di Ruas Jalan Cisinga atau Ciawi – Singaparna disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu repetisi beban kendaraan yang melintas serta beban kendaraan yang melebihi batas. Kualitas perkerasan yang kurang baik yang dapat mengakibatkan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis, tingkat keparahan, dan kuantitas kerusakan, serta menghitung nilai Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) ruas jalan, dan menentukan penanganan kerusakan berdasarkan nilai IKP yang diperoleh ruas jalan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dalam menghitung nilai IKP berdasarkan pedoman Pd-01-2016-B oleh Kementrian PUPR mengacu pada ASTM D6433-11 “Standard Practice for Road and Parking Lots Pavement Condition Index”. Kondisi perkerasan yang ada di Ruas Jalan Cisinga dapat diperoleh melalui metode IKP ini karena terdapat berbagai macam jenis kerusakan yang terjadi pada perkerasan lentur maupun perkerasan kaku. Hasil pada Ruas Jalan Cisinga terdapat 18 jenis kerusakan pada perkerasan lentur dan 8 jenis kerusakan pada perkerasan kaku. Nilai IKP Ruas Jalan Cisinga berdasarkan hasil perhitungan yaitu pada jenis perkerasan lentur berada pada rentan nilai 4,5 s.d. 100 dengan rata-rata nilai IKP perkerasan lentur yaitu 79,981 dan pada jenis perkerasan kaku berada pada rentan nilai 58 s.d. 74 dengan rata-rata nilai IKP perkerasan kaku yaitu 65,643 serta keseluruhan rata-rata IKP yaitu sebesar 80,461 termasuk kedalam kelas kondisi baik (satisfactory), dengan jenis penanganan yang dapat digunakan yaitu pemeliharaan berkala.

Kata Kunci: Indeks Kondisi Perkerasan, Kerusakan Perkerasan Jalan, Penanganan Kerusakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 12 Dec 2025 01:01
Last Modified: 12 Dec 2025 01:01
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2625

Actions (login required)

View Item
View Item