PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN OPEN ENDED QUESTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025)

Yunika, Yunika (2025) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN OPEN ENDED QUESTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 3. PENGUJI.pdf] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 9. BAB I.pdf] Text
9. BAB I.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 10. BAB II.pdf] Text
10. BAB II.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 11. BAB III.pdf] Text
11. BAB III.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 12. BAB IV.pdf] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[thumbnail of 13. BAB V.pdf] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 16. BIODATA.pdf] Text
16. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem Based Learning menggunakan Open Ended Question dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di sekolah Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ciamis. Hal ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Pre-test Post-test Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Ciamis tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 178 orang siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 3 berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 4 berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan Problem Based Learning menggunakan Open Ended Question dengan nilai rata-rata post-test sebesar 58,33, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung didapatkan nilai rata-rata post-test sebesar 46,50. Kemudian terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Sig.2-Tailed sebesar 0,000<0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Open Ended Question, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 08:00
Last Modified: 11 Dec 2025 08:00
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2610

Actions (login required)

View Item
View Item