Yunika, Yunika (2025) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN OPEN ENDED QUESTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (205kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (154kB)
3. PENGUJI.pdf
Download (157kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (169kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (212kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (182kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (188kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (261kB)
9. BAB I.pdf
Download (266kB)
10. BAB II.pdf
Download (331kB)
11. BAB III.pdf
Download (410kB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (332kB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (210kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (230kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
16. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (152kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem Based Learning menggunakan Open Ended Question dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di sekolah Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ciamis. Hal ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Pre-test Post-test Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Ciamis tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 178 orang siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 3 berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 4 berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan Problem Based Learning menggunakan Open Ended Question dengan nilai rata-rata post-test sebesar 58,33, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung didapatkan nilai rata-rata post-test sebesar 46,50. Kemudian terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Sig.2-Tailed sebesar 0,000<0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Open Ended Question, Kemampuan Berpikir Kritis
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 08:00 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 08:00 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2610 |
