Kusmayadi, Annisa Pebrianti (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS CHILDREN-CENTERED DESIGN SEBAGAI APLIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN VISUAL ANAK PRASEKOLAH. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (131kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (86kB)
3. Lembar Penguji.pdf
Download (73kB)
4. Lembar Pernyataan.pdf
Download (88kB)
5. Abstrak.pdf
Download (223kB)
6. Lembar Pribadi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (161kB)
7. Kata Pengantar.pdf
Download (189kB)
8. Daftar Isi,Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf
Download (307kB)
9. BAB I.pdf
Download (206kB)
10. BAB II.pdf
Download (511kB)
11. BAB III.pdf
Download (267kB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (180kB)
14. Daftar Pustaka.pdf
Download (213kB)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Sebagian besar anak usia dini terutama mereka yang berada pada tahap awal perkembangan, belum sepenuhnya mengembangkan kemampuan visual. Penyebab utama dari masalah ini kurangnya stimulasi visual yang tepat, kurangnya kesempatan untuk mengeksplorasi dan kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengasah kemampuan kognitif anak melalui pengembangan game edukatif yang efektif dan menyenangkan, hal ini dilakukan untuk mengatasi masalah kurangnya pengembangan kemampuan visual anak-anak yang berada pada tahap awal perkembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Children-Centered Design yang melibatkan empat tahapan utama yaitu Specify Context Of Use, Specify Requirements, Create Solution Design dan Evaluation. Pengembangan game diimplementasikan menggunakan software unity yang didukung materi kurikulum Lembar Kerja Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dengan mengimplementasikan lima kategori dasar yaitu huruf, angka, bentuk, warna, dan evaluasi. Pengujian dilakukan dengan menguji fungsionalitas dan usability game menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang disebarkan melalui google form. Hasil pengujian pada penelitian ini menggunakan metode SUS dengan menunjukkan hasil bahwa game mendapatkan persentase 80% yang termasuk dalam kriteria excellent, dengan grade B dalam kategori acceptable. Berdasarkan kriteria tersebut maka game keterampilan visual dapat diterima dan layak didistribusikan kepada pengguna.
Kata Kunci : Game Edukasi, Children-Centered Design, Keterampilan visual.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 07:26 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 07:26 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2600 |
