KHOLIPAH, IMELDA NUR (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (16kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (106kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (88kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (79kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (74kB)
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (77kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (36kB)
8. DAFTAR TABEL.pdf
Download (34kB)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (40kB)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (31kB)
11. BAB I.pdf
Download (98kB)
12. BAB II.pdf
Download (503kB)
13. BAB III.pdf
Download (5MB)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (162kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (83kB)
Abstract
Fisika merupakan bagian dari sains yang hakekatnya merupakan sebuah kumpulan pengetahuan, cara atau jalan berpikir, dan cara untuk penyelidikan. Namun, proses pembelajaran fisika di sekolah cenderung hanya mengafal rumus-rumus dan latihan soal sehingga hakekat fisika sebagai bagian dari sains tidak tercapai. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Baregbeg didapatkan informasi bahwa guru hanya menggunakan bahan ajar berupa buku paket dan sintaks keterampilan proses sains yang terdapat dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di sekolah hanya 30% saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan untuk mengetahui hasil uji validitas pada LKPD berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Validitas bahan ajar ini diukur menggunakan angket dengan skala likert dan diuji oleh beberapa ahli yaitu ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, dan tenaga pendidik lalu akan dihitung menggunakan indeks Aiken’s V, sedangkan kepraktisan produk diukur menggunakan angket kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks Aiken ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran berturut-turut sebesar 0,88, 0,90, dan 0,92 dengan kategori valid serta rata-rata persentase kepraktisan sebesar 82% dengan kriteria praktis. LKPD berbasis discovery learning untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa pada materi suhu dan kalor yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains, LKPD, Suhu dan Kalor
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 04:13 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 04:13 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2571 |
