PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

KHOLIPAH, IMELDA NUR (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 11. BAB I.pdf] Text
11. BAB I.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 12. BAB II.pdf] Text
12. BAB II.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of 13. BAB III.pdf] Text
13. BAB III.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 14. BAB IV.pdf] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[thumbnail of 17. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Fisika merupakan bagian dari sains yang hakekatnya merupakan sebuah kumpulan pengetahuan, cara atau jalan berpikir, dan cara untuk penyelidikan. Namun, proses pembelajaran fisika di sekolah cenderung hanya mengafal rumus-rumus dan latihan soal sehingga hakekat fisika sebagai bagian dari sains tidak tercapai. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Baregbeg didapatkan informasi bahwa guru hanya menggunakan bahan ajar berupa buku paket dan sintaks keterampilan proses sains yang terdapat dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di sekolah hanya 30% saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan untuk mengetahui hasil uji validitas pada LKPD berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Validitas bahan ajar ini diukur menggunakan angket dengan skala likert dan diuji oleh beberapa ahli yaitu ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, dan tenaga pendidik lalu akan dihitung menggunakan indeks Aiken’s V, sedangkan kepraktisan produk diukur menggunakan angket kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks Aiken ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran berturut-turut sebesar 0,88, 0,90, dan 0,92 dengan kategori valid serta rata-rata persentase kepraktisan sebesar 82% dengan kriteria praktis. LKPD berbasis discovery learning untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa pada materi suhu dan kalor yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains, LKPD, Suhu dan Kalor

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 04:13
Last Modified: 11 Dec 2025 04:13
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2571

Actions (login required)

View Item
View Item