DEWANTIE, RUBY (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (190kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (259kB)
3. LEMBAR PERTAHANAN.pdf
Download (118kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN KARYA ILMIAH.pdf
Download (182kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (232kB)
6. ABSTRACT.pdf
Download (229kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (209kB)
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (170kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (244kB)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Download (205kB)
11. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (191kB)
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (114kB)
13. BAB I.pdf
Download (400kB)
14. BAB II.pdf
Download (765kB)
15. BAB III.pdf
Download (1MB)
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (655kB)
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (250kB)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (233kB)
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
20. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (149kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan aplikasi wordwall terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada materi bioteknologi. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025 dengan populasinya adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 9 kelas dan sampel yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling sehingga kelas yang terpilih kelas X – 4 sebagai kelas eksperimen dan X – 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar sebanyak 36 soal pilihan majemuk dan angket minat belajar sebanyak 34 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata minat belajar pada kelas eksperimen sebesar 121 dan kelas kontrol 94,9 sedangkan skor rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 27,68 dan kelas kontrol yaitu 20,21. Perbedaan signifikan antara minat belajar dan hasil belajar di kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan efektivitas model ini. Hal ini diperkuat oleh hasil analisis Uji t independent yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan aplikasi wordwall terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada materi bioteknologi di kelas X SMA Negeri 9 Tasikmalaya.
Kata Kunci: Discovery Learning; Wordwall; Minat Belajar; Hasil Belajar; Bioteknologi.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:48 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 02:48 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2553 |
