Saidah, Yuni (2025) PENINGKATAN KOMPETENSI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Studi Eksperimen di Kelas X SMAN 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (161kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (103kB)
3. PENGUJI.pdf
Download (54kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (93kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (237kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (161kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (82kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (208kB)
9. BAB I.pdf
Download (269kB)
10. BAB II.pdf
Download (976kB)
11. BAB III.pdf
Download (1MB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (478kB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (186kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (197kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (132kB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi sains peserta didik melalui model Project Based learning (PjBL) pada materi pemanasan global di kelas X SMA Negeri 1 Manonjaya tahun 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain one grup pretest posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Manonjaya yang berjumlah 446 orang, dengan sampel kelas X-9 sebanyak 32 orang peserta didik yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa 29 soal pilihan ganda yang telah divalidasi untuk mengukur kompetensi sains. Analisis data menggunakan uji wilcoxon signed rank test menunjukkan nilai Z=-4,941, Asymp.Sig (2-tailed)= 0,000 (<0,05) dan perhitungan nilai N-Gain. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan signifikan antara hasil pretest dan posttest pada kompetensi sains peserta didik. Nilai rata-rata Pretest sebesar 62,72 meningkat menjadi 83,41 pada Posttest. Rata-rata N-Gain sebesar 0,60 termasuk kategori sedang. Dengan demikian, model Project Based learning (PjBL) efektif dalam meningkatkan kompetensi sains peserta didik pada materi pemanasan global.
Kata kunci : Kompetensi Sains, Project based learning (PjBL), Pemanasan global.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:33 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 02:33 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2551 |
