EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS TERHADAP SCIENTIFIC REASONING DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Ekosistem di Kelas X SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Mahardika, Mochammad Bintang Setya (2025) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS TERHADAP SCIENTIFIC REASONING DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Ekosistem di Kelas X SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERTAHANAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERTAHANAN.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 6. ABSTRACT.pdf] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR TABEL.pdf] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 13. BAB 1.pdf] Text
13. BAB 1.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 14. BAB 2.pdf] Text
14. BAB 2.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of 15. BAB 3.pdf] Text
15. BAB 3.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of 16. BAB 4.pdf] Text
16. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[thumbnail of 17. BAB 5.pdf] Text
17. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[thumbnail of 18. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 19. LAMPIRAN.pdf] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 20. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
20. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model discovery learning berbasis sustainable development goals terhadap scientific reasoning dan literasi sains peserta didik pada materi ekosistem di kelas X SMAN 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan menggunakan non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 3 Tasikmalaya yaitu sebanyak 12 kelas dengan jumlah peserta didik 432 orang. Sampel diambil berdasarkan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Lawson Classroom Test of Scientific Reasoning (LCTSR) sebanyak 14 soal berupa pilihan majemuk beralasan dan Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS) sebanyak 18 soal berupa pilihan majemuk. Uji hipotesis menggunakan uji ANCOVA menunjukkan nilai signifikansi 0,006 untuk scientific reasoning dan 0,001 untuk literasi sains, dimana nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 artinya Ho ditolak. Uji effect Cohens menunjukan nilai 0,77 (besar) untuk scientific reasoning dan 1,44 (sangat besar) untuk literasi sains. Selanjutnya kelas eksperimen memiliki rata-rata N-Gain sebesar 0,32 untuk scientific reasoning dan 0,39 untuk literasi sains yang termasuk kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata N-Gain sebesar 0,21 untuk scientific reasoning dan 0,24 untuk literasi sains yang termasuk kategori rendah. Kesimpulan penelitian ini adalah model discovery learning berbasis sustainable development goals efektif mengupayakan serta melatih peserta didik dalam meningkatkan scientific reasoning dan literasi sains materi ekosistem.

Kata Kunci: Dicvovery Learning, Sustainable Development Goals, Scientific Reasoning, Literasi Sains

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:09
Last Modified: 11 Dec 2025 02:09
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2548

Actions (login required)

View Item
View Item