IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN READ ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-CREATE (RADEC) DENGAN METODE PRAKTIKUM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR (Quasi Experiment pada Peserta Didik Kelas XI MIPA MA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

MUBAROKIYAH, TASYA AZIZAH (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN READ ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-CREATE (RADEC) DENGAN METODE PRAKTIKUM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR (Quasi Experiment pada Peserta Didik Kelas XI MIPA MA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover_Tasya Azizah M.pdf] Text
1. Cover_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan_Tasya Azizah M.pdf] Text
2. Lembar Pengesahan_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah_Tasya Azizah M.pdf] Text
3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4. Abstrak_Tasya Azizah M.pdf] Text
4. Abstrak_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 5. Kata Pengantar_Tasya Azizah M.pdf] Text
5. Kata Pengantar_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 6. Ucapan Terima Kasih_Tasya Azizah M.pdf] Text
6. Ucapan Terima Kasih_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7. Daftar Isi_Tasya Azizah M.pdf] Text
7. Daftar Isi_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8. Daftar Tabel_Tasya Azizah M.pdf] Text
8. Daftar Tabel_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 9. Daftar Gambar_Tasya Azizah M.pdf] Text
9. Daftar Gambar_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 10. Daftar Lampiran_Tasya Azizah M.pdf] Text
10. Daftar Lampiran_Tasya Azizah M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 11. BAB 1_Tasya Azizah M.pdf] Text
11. BAB 1_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 12. BAB 2_Tasya Azizah M.pdf] Text
12. BAB 2_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 13. BAB 3_Tasya Azizah M.pdf] Text
13. BAB 3_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 14. BAB 4_Tasya Azizah M.pdf] Text
14. BAB 4_Tasya Azizah M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 15. BAB 5_Tasya Azizah M.pdf] Text
15. BAB 5_Tasya Azizah M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 16. Daftar Pustaka_Tasya Azizah M.pdf] Text
16. Daftar Pustaka_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 17. Lampiran_Tasya Azizah M.pdf] Text
17. Lampiran_Tasya Azizah M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 18. Riwayat Hidup_Tasya Azizah M.pdf] Text
18. Riwayat Hidup_Tasya Azizah M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Motivasi penelitian ini adalah rendahnya keterampilan proses sains peserta didik di MA Negeri 1 Tasikmalaya, peneliti berupaya mengatasi masalah tersebut dengan penerapan model pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-Create (RADEC) dengan metode praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-Create (RADEC) dengan metode praktikum dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri 1 Tasikmalaya dengan populasi penelitian sebanyak 263 peserta didik yang termuat dalam 8 kelas XI MIPA. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIPA 5 (33 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 (33 orang) sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik maka dilakukan tes sebelum diberi perlakuan (pretest) dan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berupa soal pilihan ganda beralasan. Soal yang diberikan sebanyak 12 butir yang mewakili 6 indikator keterampilan proses sains dasar pada materi suhu dan kalor. Teknik analisis data yang digunakan meliputi validasi ahli, uji coba instrumen, analisis penguasaan keterampilan proses sains, analisis keterlaksanaan model pembelajaran, analisis N-Gain, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (� = 0,05) menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-Create (RADEC) dengan metode praktikum diperoleh �ℎ����� > ������ yakni 3,43 > 1,67 sehingga �0 ditolak dan �� diterima. Artinya pada taraf kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Read-Answer-Discuss Explain-Create (RADEC) dengan metode praktikum dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi suhu dan kalor.

Kata kunci: keterampilan proses sains, model pembelajaran RADEC, suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 11 Dec 2025 01:50
Last Modified: 11 Dec 2025 01:50
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2541

Actions (login required)

View Item
View Item