MUBAROKIYAH, TASYA AZIZAH (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN READ ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-CREATE (RADEC) DENGAN METODE PRAKTIKUM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR (Quasi Experiment pada Peserta Didik Kelas XI MIPA MA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover_Tasya Azizah M.pdf
Download (3MB)
2. Lembar Pengesahan_Tasya Azizah M.pdf
Download (3MB)
3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah_Tasya Azizah M.pdf
Download (3MB)
4. Abstrak_Tasya Azizah M.pdf
Download (3MB)
5. Kata Pengantar_Tasya Azizah M.pdf
Download (3MB)
6. Ucapan Terima Kasih_Tasya Azizah M.pdf
Download (3MB)
7. Daftar Isi_Tasya Azizah M.pdf
Download (3MB)
8. Daftar Tabel_Tasya Azizah M.pdf
Download (3MB)
9. Daftar Gambar_Tasya Azizah M.pdf
Download (3MB)
10. Daftar Lampiran_Tasya Azizah M.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
11. BAB 1_Tasya Azizah M.pdf
Download (3MB)
12. BAB 2_Tasya Azizah M.pdf
Download (3MB)
13. BAB 3_Tasya Azizah M.pdf
Download (3MB)
14. BAB 4_Tasya Azizah M.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
15. BAB 5_Tasya Azizah M.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
16. Daftar Pustaka_Tasya Azizah M.pdf
Download (3MB)
17. Lampiran_Tasya Azizah M.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
18. Riwayat Hidup_Tasya Azizah M.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Motivasi penelitian ini adalah rendahnya keterampilan proses sains peserta didik di MA Negeri 1 Tasikmalaya, peneliti berupaya mengatasi masalah tersebut dengan penerapan model pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-Create (RADEC) dengan metode praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-Create (RADEC) dengan metode praktikum dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri 1 Tasikmalaya dengan populasi penelitian sebanyak 263 peserta didik yang termuat dalam 8 kelas XI MIPA. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIPA 5 (33 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 (33 orang) sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik maka dilakukan tes sebelum diberi perlakuan (pretest) dan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berupa soal pilihan ganda beralasan. Soal yang diberikan sebanyak 12 butir yang mewakili 6 indikator keterampilan proses sains dasar pada materi suhu dan kalor. Teknik analisis data yang digunakan meliputi validasi ahli, uji coba instrumen, analisis penguasaan keterampilan proses sains, analisis keterlaksanaan model pembelajaran, analisis N-Gain, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (� = 0,05) menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-Create (RADEC) dengan metode praktikum diperoleh �ℎ����� > ������ yakni 3,43 > 1,67 sehingga �0 ditolak dan �� diterima. Artinya pada taraf kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Read-Answer-Discuss Explain-Create (RADEC) dengan metode praktikum dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi suhu dan kalor.
Kata kunci: keterampilan proses sains, model pembelajaran RADEC, suhu dan kalor.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 01:50 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 01:50 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2541 |
