ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

HERAWATI, RENI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01. Cover.pdf] Text
01. Cover.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 02. Lembar Pengesahan.pdf] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 03. Lembar Pernyataan.pdf] Text
03. Lembar Pernyataan.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of 04. Abstrak.pdf] Text
04. Abstrak.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 05. Kata Pengantar.pdf] Text
05. Kata Pengantar.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 06. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf] Text
06. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 07. Bab 1.pdf] Text
07. Bab 1.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 08. Bab 2.pdf] Text
08. Bab 2.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of 09. Bab 3.pdf] Text
09. Bab 3.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 10. Bab 4.pdf] Text
10. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. Bab 5.pdf] Text
11. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[thumbnail of 12. Daftar Pustaka.pdf] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 13. Lampiran.pdf] Text
13. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 14. Riwayat Hidup.pdf] Text
14. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu MFFT, pemberian tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes MFFT dan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B pemilihan subjek dilakukan dengan mengambil peserta didik yang telah mengisi tes MFFT untuk dikategorikan gaya kognitif reflektif dan impulsif dan peserta didik yang telah mengisi tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh simpulan bahwa: (1) Subjek reflektif mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis. Pada indikator kelancaran subjek reflektif mampu menentukan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari soal dan mampu memunculkan pertanyaan yang mungkin dari persoalan yang disajikan menggunakan bahasa sendiri meskipun tidak jauh berbeda dengan kalimat yang terdapat dalam soal. Pada indikator keluwesan subjek reflektif mampu menyelesaikan soal pada semua luas permukaan box. Pada indikator keaslian subjek reflektif mampu menyelesaikan soal luas permukaan dengan cara sendiri. Pada indikator terperinci subjek reflektif mampu merinci semua biaya yang dibutuhkan pada soal. (2) Subjek impulsif mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif matematis. Pada indikator kelancaran subjek impulsif mampu mengungkapkan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari soal dan mampu memunculkan pertanyaan yang mungkin dari persoalan yang disajikan. Sedangkan pada indikator keluwesan subjek impulsif tidak menyelesaikan soal dengan tuntas hanya menyelesaikan soal luas permukaan box pada cara satu saja. Sedangkan pada indikator keaslian subjek impulsif hanya mampu menyelesaikan soal luas permukaan kubus saja tidak menyelesaikan luas permukaan pada limas. Pada indikator terperinci subjek impulsif mampu merinci biaya yang dibutuhkan pada soal.

Kata kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Reflektif dan Impulsif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 11 Dec 2025 01:03
Last Modified: 11 Dec 2025 01:03
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2526

Actions (login required)

View Item
View Item