PASHA, RAFLI (2024) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH DENGAN MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survey Pada Peserta Didik Kelas X, XI, Dan XII Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (154kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (292kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (600kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (311kB)
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (250kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (242kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (246kB)
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (247kB)
9. BAB 1.pdf
Download (326kB)
10. BAB 2.pdf
Download (326kB)
11. BAB 3.pdf
Download (466kB)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (603kB)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (188kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (253kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini mengenai minat dan prestasi siswa, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Dengan Minat Belajar Sebagai Variabel Intervening Pada Peserta Didik Kelas X, XI, Dan XII Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024 .. Metode survey digunakan untuk menyelesaikan penelitian ditunjang dengan pendekatan kuantitatif dan desain anaslis deskriptif. Adapun sampel sejumlah 206 orang, supaya penelitian mendapatkan responden representatif maka teknik sampel yang digunakan adalah propotional random sampling. Adapun hasil penelitian Status sosial ekonomi dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar. Selanjutnya status sosial ekonomi dan efikasi diri tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Kemudian diperoleh hasil lain bahwa minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap presatsi belajar. Berdasarkan uji Path Analysis menunjukkan bahwa status sosial ekonomi tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui minat belajar dan efikasi diri juga tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui minat belajar.
Kata kunci: prestasi belajar, minat belajar, status social ekonomi, efikasi diri
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 00:42 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 00:42 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2517 |
