PERMANA, INTAN (2024) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS KARANGANYAR KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2023. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (154kB)
2 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf
Download (118kB)
3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (188kB)
4 HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf
Download (262kB)
5 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (263kB)
6 DAFTAR ISI.pdf
Download (157kB)
7 DAFTAR TABEL.pdf
Download (148kB)
8 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (141kB)
9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (144kB)
10 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (131kB)
11 KATA PENGANTAR.pdf
Download (263kB)
12 ABSTRAK.pdf
Download (148kB)
13 BAB 1.pdf
Download (280kB)
14 BAB 2.pdf
Download (205kB)
15 BAB 3.pdf
Download (563kB)
16 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (235kB)
17 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (182kB)
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (371kB)
18 BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (148kB)
20 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (618kB)
Abstract
Pelayanan yang bermutu di Puskesmas dapat memberikan pelayanan kepada pasien yang didasarkan pada standar kualitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat, sehingga dapat memperoleh kepuasan terhadap peningkatan kepercayaan pasien dan loyal terhadap Puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Karanganyar Kota Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan survei analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah orang yang pernah berobat di Puskesmas Karanganyar pada bulan Januari 2023-Desember 2023 sebanyak 305 orang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 173 responden. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil uji statistik menggunakan rank spearman menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan pada dimensi tangible (bukti fisik) dengan koefisien korelasi 0,902, reliability (kehandalan) dengan koefisien korelasi 0,261, responsiveness (daya tanggap) dengan koefisien korelasi 0,691, assurance (jaminan) dengan koefisien korelasi 0,499, dan empathy (empati) dengan koefisien korelasi 0,549. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan kepada Puskesmas Karanganyar yaitu perlu ditingkatkan kembali mengenai dimensi tangible (bukti fisik), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati) dan reliability (kehandalan), yang masih kurang baik untuk meningkatkan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Karanganyar.
Kata kunci: BPJS Kesehatan, Mutu Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, Kepuasan
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 08:15 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 08:15 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2512 |
