HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS KARANGANYAR KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2023

PERMANA, INTAN (2024) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS KARANGANYAR KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2023. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 2 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 4 HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf] Text
4 HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 5 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
5 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[thumbnail of 6 DAFTAR ISI.pdf] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 7 DAFTAR TABEL.pdf] Text
7 DAFTAR TABEL.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 8 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
8 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[thumbnail of 10 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
10 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 11 KATA PENGANTAR.pdf] Text
11 KATA PENGANTAR.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 12 ABSTRAK.pdf] Text
12 ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 13 BAB 1.pdf] Text
13 BAB 1.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 14 BAB 2.pdf] Text
14 BAB 2.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 15 BAB 3.pdf] Text
15 BAB 3.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of 16 BAB 4.pdf] Text
16 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[thumbnail of 17 BAB 5.pdf] Text
17 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[thumbnail of 19 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 18 BAB 6.pdf] Text
18 BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[thumbnail of 20 LAMPIRAN.pdf] Text
20 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)

Abstract

Pelayanan yang bermutu di Puskesmas dapat memberikan pelayanan kepada pasien yang didasarkan pada standar kualitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat, sehingga dapat memperoleh kepuasan terhadap peningkatan kepercayaan pasien dan loyal terhadap Puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Karanganyar Kota Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan survei analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah orang yang pernah berobat di Puskesmas Karanganyar pada bulan Januari 2023-Desember 2023 sebanyak 305 orang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 173 responden. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil uji statistik menggunakan rank spearman menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan pada dimensi tangible (bukti fisik) dengan koefisien korelasi 0,902, reliability (kehandalan) dengan koefisien korelasi 0,261, responsiveness (daya tanggap) dengan koefisien korelasi 0,691, assurance (jaminan) dengan koefisien korelasi 0,499, dan empathy (empati) dengan koefisien korelasi 0,549. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan kepada Puskesmas Karanganyar yaitu perlu ditingkatkan kembali mengenai dimensi tangible (bukti fisik), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati) dan reliability (kehandalan), yang masih kurang baik untuk meningkatkan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Karanganyar.

Kata kunci: BPJS Kesehatan, Mutu Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, Kepuasan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 10 Dec 2025 08:15
Last Modified: 10 Dec 2025 08:15
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2512

Actions (login required)

View Item
View Item