Rondonuwu, Irenne Edelwis (2025) ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS BERITA PADA MEDIA DIGITAL KOMPAS.COM SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR KELAS VII. Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (193kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (701kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (613kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (254kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (265kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (434kB)
7. BAB 1.pdf
Download (415kB)
8. BAB 2.pdf
Download (1MB)
9. BAB 3.pdf
Download (2MB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (289kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (347kB)
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (173kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (45MB)
Abstract
Salah satu materi penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah teks berita. Pada Kurikulum Merdeka, bahan ajar memiliki peran penting dalam mendukung pembelajaran berbasis teks autentik. Oleh karena itu, bahan ajar yang digunakan harus bervariasi, kontekstual, dan relevan dengan perkembangan zaman agar dapat meningkatkan literasi, pemahaman kritis, serta kreativitas peserta didik. Bahan ajar yang digunakan belum variatif karena hanya menggunakan teks berita yang ada dalam buku paket. Berdasarkan berbagai kasus yang ditemukan dalam buku paket, masih banyak bahan ajar yang belum sesuai dengan kriteria ideal. Beberapa hasil penelitian terdahulu menunjukkan adanya ketidaksesuaian seperti bahan ajar cerpen Gerhana karya Muhammad Ali yang memuat kata-kata kasar, kesalahan informasi mengenai Karl Mark sebagai bapak kapitalis dunia serta teks berita bencana alam yang terlalu panjang dan sulit dipahami siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan teks berita dari laman Kompas.com edisi Agustus 2024 seba gai alternatif bahan ajar berbasis teks autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi dan analisis. Subjek penelitian ini terdapat 10 teks berita yang diambil dari Kompas.com edisi Agustus 2024 dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa sembilan teks berita yang diteliti telah memenuhi kelengkapan unsur, struktur, dan kebahasaan sesuai dengan Capaian Pembelajaran (CP) dalam Kurikulum Merdeka untuk kelas VII. Selain itu, hasil uji validasi modul yang dikembangkan berdasarkan analisis teks berita oleh tiga ahli memperoleh rentang skor 95%–100% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian, modul ini layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar berbasis teks autentik dalam Kurikulum Merdeka, khususnya untuk pembelajaran teks berita di kelas VII SMP/MTs.
Kata Kunci: teks berita, analisis struktur dan kebahasaan, bahan ajar, Kurikulum Merdeka, Kompas.com
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 08:13 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 08:13 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2511 |
