ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ)

NUR'ALIFIA, HANUM (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01. Cover.pdf] Text
01. Cover.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 02. Lembar Pengesahan.pdf] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 03. Lembar Pernyataan.pdf] Text
03. Lembar Pernyataan.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 04. Abstrak.pdf] Text
04. Abstrak.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 05. Kata Pengantar.pdf] Text
05. Kata Pengantar.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 06. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf] Text
06. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 07. Bab 1.pdf] Text
07. Bab 1.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 08. Bab 2.pdf] Text
08. Bab 2.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of 09. Bab 3.pdf] Text
09. Bab 3.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 10. Bab 4.pdf] Text
10. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[thumbnail of 11. Bab 5.pdf] Text
11. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[thumbnail of 12. Daftar Pustaka.pdf] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 13. Lampiran.pdf] Text
13. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 14. Riwayat Hidup.pdf] Text
14. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran adaptif matematis dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) tipe climbers, peralihan campers menuju climbers, campers, peralihan quitters menuju campers dan quitters. Pada penelitian ini tidak diteliti peserta didik dengan AQ tipe peralihan quitters menuju campers dan AQ tipe quitters. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP-IT At Taufiq Al-Islamy Tasikmalaya, dengan subjek penelitian yaitu sebanyak 3 orang dari kelas VIII terdiri dari satu peserta didik dengan AQ tipe climbers, satu peserta didik dengan AQ tipe peralihan campers menuju climbers dan satu peserta didik dengan AQ tipe campers. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket, melaksanakan tes, melaksanakan wawancara. Instrumen penelitian berupa angket Adversity Response Profile (ARP) yang terdiri dari 30 pernyataan dan soal HOTS yang memuat indikator kemampuan penalaran adaptif matematis berupa 1 soal uraian pada materi aritmetika sosial. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif, dengan langkah langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa peserta didik dengan AQ tipe climbers (S2Cl), mampu mengerjakan soal tes dengan memenuhi kelima indikator kemampuan penalaran matematis. Peserta didik dengan AQ tipe peralihan campers menuju climbers (S18CaCl), mampu menyusun dugaan (conjecture); memeriksa kesahihan suatu argumen; menemukan pola dari suatu gejala matematis; tetapi tidak mampu dalam memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran; serta tidak mampu menarik kesimpulan dari sebuah pernyataan dengan lengkap. Sedangkan peserta didik dengan AQ tipe campers (S11Ca), mampu menyusun dugaan (conjecture); memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran; menarik kesimpulan dari sebuah pernyataan; menemukan pola dari suatu gejala matematis; tetapi tidak mampu dalam memeriksa kesahihan suatu argumen.

Kata kunci: Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis, Soal HOTS, Adversity Quotient (AQ)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:58
Last Modified: 10 Dec 2025 07:58
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2506

Actions (login required)

View Item
View Item