NUR'ALIFIA, HANUM (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01. Cover.pdf
Download (131kB)
02. Lembar Pengesahan.pdf
Download (296kB)
03. Lembar Pernyataan.pdf
Download (98kB)
04. Abstrak.pdf
Download (73kB)
05. Kata Pengantar.pdf
Download (72kB)
06. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf
Download (109kB)
07. Bab 1.pdf
Download (91kB)
08. Bab 2.pdf
Download (446kB)
09. Bab 3.pdf
Download (136kB)
10. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (873kB)
11. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10kB)
12. Daftar Pustaka.pdf
Download (142kB)
13. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
14. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (87kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran adaptif matematis dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) tipe climbers, peralihan campers menuju climbers, campers, peralihan quitters menuju campers dan quitters. Pada penelitian ini tidak diteliti peserta didik dengan AQ tipe peralihan quitters menuju campers dan AQ tipe quitters. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP-IT At Taufiq Al-Islamy Tasikmalaya, dengan subjek penelitian yaitu sebanyak 3 orang dari kelas VIII terdiri dari satu peserta didik dengan AQ tipe climbers, satu peserta didik dengan AQ tipe peralihan campers menuju climbers dan satu peserta didik dengan AQ tipe campers. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket, melaksanakan tes, melaksanakan wawancara. Instrumen penelitian berupa angket Adversity Response Profile (ARP) yang terdiri dari 30 pernyataan dan soal HOTS yang memuat indikator kemampuan penalaran adaptif matematis berupa 1 soal uraian pada materi aritmetika sosial. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif, dengan langkah langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa peserta didik dengan AQ tipe climbers (S2Cl), mampu mengerjakan soal tes dengan memenuhi kelima indikator kemampuan penalaran matematis. Peserta didik dengan AQ tipe peralihan campers menuju climbers (S18CaCl), mampu menyusun dugaan (conjecture); memeriksa kesahihan suatu argumen; menemukan pola dari suatu gejala matematis; tetapi tidak mampu dalam memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran; serta tidak mampu menarik kesimpulan dari sebuah pernyataan dengan lengkap. Sedangkan peserta didik dengan AQ tipe campers (S11Ca), mampu menyusun dugaan (conjecture); memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran; menarik kesimpulan dari sebuah pernyataan; menemukan pola dari suatu gejala matematis; tetapi tidak mampu dalam memeriksa kesahihan suatu argumen.
Kata kunci: Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis, Soal HOTS, Adversity Quotient (AQ)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:58 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:58 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2506 |
