Nurdiani, Respi (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DALAM TEKS IKLAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (153kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (62kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (71kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (202kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (221kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (183kB)
7. BAB I.pdf
Download (296kB)
8. BAB II.pdf
Download (415kB)
9. BAB III.pdf
Download (280kB)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (434kB)
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (241kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (180kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (182kB)
Abstract
Mengidentifikasi informasi teks iklan merupakan kemampuan yang dikuasai peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum Merdeka. Kenyataannya masih banyak peserta didik yang belum mencapai SKBM. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui dapat atau tidaknya model pembelajaran mind mapping meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMPN 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pemerolehan data penelitian yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMPN 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks iklan, sebanyak 7 orang (22%) telah mencapai SKBM, dan 25 orang (78%) yang belum mencapai SKBM. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan dalam mengidentifikasi informasi teks iklan sebanyak 32 orang (100%) telah mencapai SKBM yang ditentukan sekolah, yaitu 75. Berdasarkan hasil uji normalitas data nilai mengidentifikasi informasi teks iklan siklus 1 dan siklus 2 berdistribusi tidak normal. Penulis menghitung uji beda menggunakan uji Wilcoxon. Diketahui bahwa W hitung (0) lebih kecil daripada W tabel (139,3) dalam taraf signifikan (0,01). Artinya terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus 1 ke siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningtkan kemampuan mengidentifikasi informasi teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMPN 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Artinya, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:54 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:54 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2505 |
