Yunita, Nela (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 KOTA TASIKMALAYA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024-2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (175kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (95kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (112kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (283kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (299kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (259kB)
7. BAB I.pdf
Download (374kB)
8. BAB II.pdf
Download (424kB)
9. BAB III.pdf
Download (445kB)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (577kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (243kB)
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (309kB)
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (236kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe teams assisted individualization (TAI) terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya (eksperimen pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025). Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik dokumentasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini peserta didik kelas VIII B yang berjumalah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen (VIII B) pada kemampuan menulis teks laporan hasil observasi mencapai 50,16 (pre-test) dan 74,61 (post-test). Nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik kelas kontrol (VIII F) pada kemampuan menulis teks laporan hasil observasi mencapai 48,80 (Pret-tets) dan 70,60 (Post-test). Peningkatan nilai rata rata pre-test dan post-test yang diperoleh peserta didik saat menulis teks laporan hasil observasi di kelas eksperimen mencapai ,4856 sedangkan di kelas kontrol mencapai ,3827. Hasil Uji Mann-Whitneyy pada N-Gain Score output test statistic tersebut, diketahui nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,049 < 0,05, sehingga keputusan hipotesis adalah Ha Diterima dan Ho di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Assisted Individualization (TAI) efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 06:41 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 06:41 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2478 |
