PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 KOTA TASIKMALAYA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024-2025)

Yunita, Nela (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 KOTA TASIKMALAYA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024-2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 3. PERNYATAAN.pdf] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 7. BAB I.pdf] Text
7. BAB I.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 8. BAB II.pdf] Text
8. BAB II.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 9. BAB III.pdf] Text
9. BAB III.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 10. BAB IV.pdf] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 11. BAB V.pdf] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[thumbnail of 13. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[thumbnail of 14.  LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe teams assisted individualization (TAI) terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya (eksperimen pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025). Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik dokumentasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini peserta didik kelas VIII B yang berjumalah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen (VIII B) pada kemampuan menulis teks laporan hasil observasi mencapai 50,16 (pre-test) dan 74,61 (post-test). Nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik kelas kontrol (VIII F) pada kemampuan menulis teks laporan hasil observasi mencapai 48,80 (Pret-tets) dan 70,60 (Post-test). Peningkatan nilai rata rata pre-test dan post-test yang diperoleh peserta didik saat menulis teks laporan hasil observasi di kelas eksperimen mencapai ,4856 sedangkan di kelas kontrol mencapai ,3827. Hasil Uji Mann-Whitneyy pada N-Gain Score output test statistic tersebut, diketahui nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,049 < 0,05, sehingga keputusan hipotesis adalah Ha Diterima dan Ho di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Assisted Individualization (TAI) efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 10 Dec 2025 06:41
Last Modified: 10 Dec 2025 06:41
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2478

Actions (login required)

View Item
View Item