FARIZ, MIFTAH (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DITINJAU DARI KESADARAN METAKOGNITIF. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (82kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (190kB)
3. SURAT KETERANGAN REVISI UJIAN SKRIPSI.pdf
Download (372kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (98kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (7kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (67kB)
7. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf
Download (89kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (104kB)
9. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (125kB)
10. BAB 2 LANDASAN TEORETIS.pdf
Download (419kB)
11. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf
Download (74kB)
12. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (668kB)
13. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (148kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal PISA pada konten change and relationship ditinjau dari kesadaran metakognitif. Penelitian kualitatif dengan metode deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes kemampuan literasi matematika pada soal PISA konten change and relationship, penyebaran angket kesadaran metakognitif dengan tingkat kesadaran tacit use, aware use, strategic use, dan reflective use, serta wawancara. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Tasikmalaya berjumlah 28 orang yang dipilih berdasarkan perbedaan kemampuan literasi matematika dan kesadaran metakognitifnya serta kejelasan informasi berupa ide atau gagasan yang diperoleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, subjek dengan tingkat kesadaran metakognitif tacit use kurang memenuhi indikator merumuskan, subjek tingkat aware use memenuhi indikator merumuskan dan menerapkan konsep serta fakta matematika, subjek tangkat strategic use memenuhi indikator merumuskan dan menerapkan konsep, fakta, serta prosedur matematika, dan subjek tingkat reflective use memenuhi indikator merumuskan dan menerapkan konsep, fakta, serta prosedur matematika, dan menafsirkan.
Kata kunci: Analisis, Kemampuan Literasi Matematika, Change and Relationship, Kesadaran Metakognitif
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 06:23 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 06:23 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2472 |
