DEWI, KARMILA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Garut Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (16kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (208kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (201kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (127kB)
5. ABSTRACT.pdf
Download (218kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (207kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (117kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (190kB)
9. DAFTAAR TABEL.pdf
Download (185kB)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (183kB)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (417kB)
12. BAB I.pdf
Download (135kB)
13. BAB II.pdf
Download (525kB)
14. BAB III.pdf
Download (615kB)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (364kB)
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9kB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (241kB)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMA Negeri 3 Garut yang termasuk dalam kategori sangat rendah. Upaya yang dilakukan peneliti dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan cara menggunakan model pembelajaran argument-driven inquiry, dimana model tersebut dapat memicu peserta didik memecahkan masalah dalam bentuk fenomena, secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran argument-driven inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang mekanik. Metode penelitian ini menggunakan quasi experiment dan desain penelitian posttest-only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Garut 2023/2024 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 254 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Tes yang dilakukan berupa posttest dengan soal yang diberikan berbentuk uraian berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Docktor dan Heller. Setelah melakukan uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (� = 0,05) membuktikan bahwa setelah diterapkannya model argument-driven inquiry diperoleh �ℎ����� > ������ maka �0 ditolak dan �a diterima. Artinya dapat disimpulkan bahwa pada taraf kepercayaan 95% ada pengaruh model pembelajaran argument-driven inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang mekanik di kelas XI SMA Negeri 3 Garut tahun ajaran 2023/2024. Selain itu model argument-driven inquiry dapat melatih peserta didik dalam identifikasi masalah dan merumuskan solusi melalui penjelasan, bukti, dan alasan.
Kata kunci: Argument-Driven Inquiry, Gelombang Mekanik, Kemampuan Pemecahan Masalah
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 06:10 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 06:10 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2469 |
