PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Garut Tahun Ajaran 2023/2024)

DEWI, KARMILA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Garut Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 5. ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 9. DAFTAAR TABEL.pdf] Text
9. DAFTAAR TABEL.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[thumbnail of 12. BAB I.pdf] Text
12. BAB I.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 13. BAB II.pdf] Text
13. BAB II.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of 14. BAB III.pdf] Text
14. BAB III.pdf

Download (615kB)
[thumbnail of 15. BAB IV.pdf] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[thumbnail of 16. BAB V.pdf] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN.pdf] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMA Negeri 3 Garut yang termasuk dalam kategori sangat rendah. Upaya yang dilakukan peneliti dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan cara menggunakan model pembelajaran argument-driven inquiry, dimana model tersebut dapat memicu peserta didik memecahkan masalah dalam bentuk fenomena, secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran argument-driven inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang mekanik. Metode penelitian ini menggunakan quasi experiment dan desain penelitian posttest-only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Garut 2023/2024 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 254 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Tes yang dilakukan berupa posttest dengan soal yang diberikan berbentuk uraian berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Docktor dan Heller. Setelah melakukan uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (� = 0,05) membuktikan bahwa setelah diterapkannya model argument-driven inquiry diperoleh �ℎ����� > ������ maka �0 ditolak dan �a diterima. Artinya dapat disimpulkan bahwa pada taraf kepercayaan 95% ada pengaruh model pembelajaran argument-driven inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang mekanik di kelas XI SMA Negeri 3 Garut tahun ajaran 2023/2024. Selain itu model argument-driven inquiry dapat melatih peserta didik dalam identifikasi masalah dan merumuskan solusi melalui penjelasan, bukti, dan alasan.

Kata kunci: Argument-Driven Inquiry, Gelombang Mekanik, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 10 Dec 2025 06:10
Last Modified: 10 Dec 2025 06:10
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2469

Actions (login required)

View Item
View Item