PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Sejarah pada Peserta Didik Kelas XI-3 di SMAS PGRI Kurnia Tahun Ajaran 2023/2024)

DINURULAENI, ANDREA (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Sejarah pada Peserta Didik Kelas XI-3 di SMAS PGRI Kurnia Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 5. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
9. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 10. BAB I.pdf] Text
10. BAB I.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 11. BAB II.pdf] Text
11. BAB II.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 12. BAB III.pdf] Text
12. BAB III.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran sejarah yang berkaitan dengan rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI-3 di SMAS PGRI Kurnia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran berdiferensiasi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas XI-3 SMAS PGRI Kurnia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas XI SMAS PGRI Kurnia, dengan sampel yang digunakan kelas XI-3 (kelas eksperimen) sebanyak 30 orang dan kelas XI-1 (kelas kontrol) sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan bentuk purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dengan jumlah soal 19 soal. Pada pelaksanaan pembelajaran dilakukan sebanyak tiga pertemuan, di setiap pertemuan terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Hasil pengujian analisis statistik dengan menggunakan uji hipotesis Mann-Whitney, dengan nilai Sig. 0,001<0,05 (nilai probabilitas). Dari hasil analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa teradapat pengaruh dari pembelajaran berdiferensiasi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI-3 SMAS PGRI Kurnia. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu memberikan pengalaman belajar yang baru dan menyenangkan bagi peserta didik, dan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis mereka khususnya dalam pembelajaran sejarah.

Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Pembelajaran Berdiferensiasi, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 10 Dec 2025 04:34
Last Modified: 10 Dec 2025 04:34
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2464

Actions (login required)

View Item
View Item