ANALISIS REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR

MUJIB, KARYANA ALI (2023) ANALISIS REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 3 SURAT KETERANGAN.pdf] Text
3 SURAT KETERANGAN.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 5 ABSTRAK.pdf] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 6 KATA PENGANTAR.pdf] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf] Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 8 BAB 1.pdf] Text
8 BAB 1.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 9 BAB 2.pdf] Text
9 BAB 2.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 10 BAB 3.pdf] Text
10 BAB 3.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 11 BAB 4.pdf] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[thumbnail of 12 BAB 5.pdf] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[thumbnail of 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 13 LAMPIRAN.pdf] Text
13 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi matematis peserta didik
dalam menyelesaikan soal kontekstual ditinjau dari kemandirian belajar tinggi,
sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode
yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitan ini berupa angket, tes dan wawancara. Instrumen tes yang
digunakan adalah soal kemampuan representasi matematis yang telah divalidasi
oleh dua orang Dosen Pendidikan Matematika. Teknik pengambilan subjek dalam
penelitian ini menggunakan pertimbangan dengan melihat yang paling tinggi niali
angket pada setiap kategori dan yang paling banyak memenuhi indikator
representasi matematis disetiap kategori kemandirian belajar. Subjek dalam
penelitian ini adalah 3 orang peserta didik kelas IX-A SMP Negeri 2 Tasikmalaya
dengan 1 subjek dari tiap kategori kemandirian belajar. Hasil dari penelitian ini
adalah (1) S7 dengan kemandirian belajar tinggi mampu menyelesaikan soal
kontekstual pada semua indikator representasi matematis, yaitu representasi visual,
persamaan atau ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis. (2) S17 dengan
kemandirian belajar sedang hanya mampu menyelesaikan soal konteksual pada dua
indikator representasi matematis, yaitu persamaan atau ekspresi matematis dan
kata-kata atau teks tertulis dan kurang mampu pada indikator visual. (3) S25 dengan
kemandirian belajar rendah hanya mampu pada satu indikator, yaitu indikator
persamaan atau ekspresi matematis dan kurang mampu pada indikator visual dan
kata-kata atau teks tertulis.
Kata Kunci : Representasi Matematis, Soal Kontekstual, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 10 Dec 2025 04:25
Last Modified: 10 Dec 2025 04:25
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2461

Actions (login required)

View Item
View Item