HAZMI, AZHARY GHIFARIL (2025) PERANCANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS BUDAYA LOKAL KOTA TASIKMALAYA (Studi pada Mata Pelajaran Geografi Sub-Bab Keragaman Budaya di Kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1.Cover.pdf
Download (124kB)
2.Pengesahan.pdf
Download (267kB)
3.Penguji.pdf
Download (183kB)
4.Pernyataan.pdf
Download (372kB)
5.Abstrak.pdf
Download (238kB)
6.Pengantar.pdf
Download (119kB)
7.Ucapan terimakasih.pdf
Download (126kB)
8.Daftar isi.pdf
Download (201kB)
9.Bab 1.pdf
Download (197kB)
10.Bab 2.pdf
Download (250kB)
11.Bab 3.pdf
Download (214kB)
12.BAb 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13.Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (194kB)
14.Daftar pustaka.pdf
Download (190kB)
15.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
16.Riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (121kB)
Abstract
Keterbatasan buku paket di sekolah menjadi hambatan dan tantangan bagi pendidik di sekolah saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk memberikan kesempatan kepada peserta diidk dan pendidik untuk dapat melaksanakan pembelajaran dengan bahan ajar yang mudah digunakan kapan saja dimana saja dengan media pembelajaran yang telah disesuaikan serta dapat digunakan didampingi pendidik maupun mandiri. Metode yang digunakan dalma penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation Evaluation). Desain penelitian menggunakan adalah Pre-eksperimental One-shot Case study. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitianini sebanyak 34 orang. Teknik analsis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data ADDIE dengan perhitungan kuantitatif sederhana di bagian evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian tahapan pembuatan E Modul Interaktif Berbasis Budaya Lokal Tasikmalaya terdapat 5 tahapan diantaranya adalah 1) Analysis (analisis) pada tahapan ini menganalisis karakter peserta didik, kurikulum dan lingkungan sekolah 2) Design (desain) pada tahpan ini ada 3 proses diantaranya membuat konten materi, membuat desain tampilan di canva dan membuat desain penggunaan di website heyzine flipbook 3) Development (pengembangan) pada tahapan ini e-modul diserahkan kepada ahli materi dan ahli media untuk diberikan penilaian dan perbaikan untuk menyempurnakan e-modul 4) Implementation (implementasi) pada tahapan ini e-modul di uji coba kepada peserta didik untuk digunakan dalma pembelajaran 5) Evaluation (eveluasi) pada tahapan ini e-modul diberikan penilaian oleh peserta didik apakah e-modul layak atau tidak untuk digunakan. Adapun tahapan pemanfaatan E-Modul Interaktif berbasis budaya lokal Tasikmalaya diantaranya adalah mengakses link -modul interaktif dalam heyzine flipbook, Penyampaian cara penggunaan e-modul interaktif dalam heyzine flipbook, proses pembelajaran menggunakan e-modul interaktif dalam heyzine flipbook dan evaluasi penggunaan e-modul interaktif dalam heyzine flipbook oleh peserta didik. Hasil dari penelitian ini mendapatkan peniliaian dari ahli materi 70% (cukup layak) , ahli media 85,5% (sangat layak) dan peserta didik 80% (layak). Setelah penelitian ini dapat dilanjutkan dengan perbaikan dalam muatan materi yang lebih mendalam sehingga peserta didik mendapatkan materi yang lebih mendalam dan mudah dipahami.
Kata Kunci : E-Modul Interaktif, budaya lokal, geografi.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:55 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:55 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2428 |
