SAMROTUBILLAH, NENG SHIFA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS BERDASARKAN TEORI PIRIE DAN KIEREN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (81kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
3 SURAT KETERANGAN.pdf
Download (1MB)
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (1MB)
5 ABSTRAK.pdf
Download (7kB)
6 KATA PENGANTAR.pdf
Download (73kB)
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRA.pdf
Download (79kB)
8 BAB 1.pdf
Download (179kB)
9 BAB 2.pdf
Download (233kB)
10 BAB 3.pdf
Download (145kB)
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (796kB)
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7kB)
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (137kB)
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (78kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan pemahaman matematis dan kesalahan
peserta didik dalam mengerjakan soal tes kemampuan pemahaman matematis pada
materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pemberian tes kemampuan
pemahaman matematis dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian yang
digunakan yaitu peneliti itu sendiri sebagai instrument utama dan instrument bantuan
yakni soal tes kemampuan pemahaman matematis. Sumber data dalam penelitian ini
mencakup tiga elemen yaitu tempat: MTS N 6 Tasikmalaya, pelaku: subjek penelitian
ini terdiri dari 4 peserta didik S2, S4, S14, S19 sudah melaluli semua indikator dan
mengalami beberapa kesulitan dan aktivitas: peneliti ini berfokus pada aktivitas subjek
pada saat menyelesaikan soal tes kemampuan pemahaman matematis teknik. Data hasil
penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: Kemampuan pemahaman
peserta didik S2, S4, S14, S19 sudah memenuhi semua indikator Primitive Knowing,
Image Making, Image Having, Property Noticing, Formalizing, Observing, Structuring,
Inventizing dan telah memenuhi langkah-langkah dalam menyelesaikan soal cerita dan
memiliki kesalahan yang berbeda. S2 mengalami kesalahan fakta pada formalizing, S4
mengalami kesalahan fakta pada Image Having dan kesalahan oprasi formalizing, S14
mengalami kesalahan prinsip pada Property noticing, kemudian S19 mengalami
kesalahan fakta pada Image Having dan indikator formalizing.
Kata kunci: Pemahaman Matematis, Teori Pirie dan Kieren, Soal Cerita, Kesulitan
Peserta didik
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:47 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:47 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2425 |
