YOKE, RALLY MUTIARA (2024) HUBUNGAN MANAJEMEN PELAKSANAAN PELAYANAN GIZI DARI ASPEK MUTU MAKANAN DAN SIKAP PETUGAS PENYAJI MAKANAN TERHADAP SISA MAKANAN PADA PASIEN RAWAT INAP DI RSUD SINGAPARNA MEDIKA CITRAUTAMA (SMC) KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2024. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (2MB)
2. halaman persetujuan.pdf
Download (2MB)
3. halaman penhesahan.pdf
Download (2MB)
4. pernyataan.pdf
Download (2MB)
5. daftar riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
6. halaman persembahan.pdf
Download (2MB)
7. daftar isi.pdf
Download (2MB)
8. daftar tabel.pdf
Download (2MB)
9. daftar gambar.pdf
Download (2MB)
10. daftar lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
11. kata pengantar.pdf
Download (2MB)
12. abstrak.pdf
Download (2MB)
13. bab 1.pdf
Download (2MB)
14. bab 2.pdf
Download (3MB)
15. bab 3.pdf
Download (3MB)
16. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
17. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
18. bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
19. daftar pustaka.pdf
Download (2MB)
20. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Kualitas mutu makanan dalam pelayanan gizi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap. Adanya sisa makanan yang tidak termakan oleh pasien merupakan salah satu xvatasanxvr sederhana yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan pelayanan gizi rumah sakit (Kemenkes RI, 2013). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan manajemen pelaksanaan pelayanan gizi dari spek mutu makanan terhadap sisa makanan pada rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah SMC Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan metode kuantitatif menggunakan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap pada bulan Desember 2022 – Mei 2023. Analisis data penelitian ini menggunakan Uji Chi Square dengan jumlah sampel 117 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara rasa makanan dengan sisa makanan.(p=0,001), ada hubungan antara penampilan makanan dengan sisa makanan (p=0,007), tidak ada hubungan antara waktu penyajian makan dengan sisa makanan (p=0,075), tidak ada hubungan sikap keramahan petugas penyaji makanan dengan sisa makanan (p=0,093), namun terdapat hubungan antara penggunaan alat makan dengan sisa makanan. Untuk meminimalkan sisa makanan pasien, rumah sakit harus meningkatkan pelayanan makanan, misalnya dengan mengedukasi pasien tentang xvatasan mengonsumsi makanan dari luar rumah sakit. Selain itu, perubahan menu harian dilakukan untuk memastikan pasien tidak merasa bosan dan mengubah persepsi responden tentang mutu makanan di rumah sakit. .
Kata Kunci : Mutu Makanan, Sisa Makanan, Pelayanan Gizi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:40 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:40 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2420 |
