Nurrahmawati, Ratna (2023) PENGARUH SIKAP BELAJAR DAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey terhadap siswa kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Cineam Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (169kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (374kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (255kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (281kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (281kB)
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (397kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (312kB)
8. BAB I.pdf
Download (294kB)
9. BAB II.pdf
Download (375kB)
10. BAB III.pdf
Download (637kB)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (560kB)
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (153kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (285kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (159kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang dilihat
dari kurang optimalnya nilai ujian akhir semester . penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh sikap belajar dan fasilitas pembelajaran terhadap hasil
belajar. Metode penelitian yang di gunakan penelitian ini menggunakan motode
survei dengan desain eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas
XI IPS SMAN 1 Cineam dengan jumlah 91 orang. Adapun tehnik pengambilan
sampel yang digunakan yaitu menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel
91 responden. Teknik pengumpulan menggunakan kuesioner dan teknik analisis
data yaitu menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji
heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi R2,
uji t, dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian bahwa 1) terdapat pengaruh yang
signifikan antara sikap belajar terhadap hasil belajar siswa dengan �ℎ����� >
������ (4,551 > 1,987). 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap
terhadap fasilitas pembelajaran terhadap hasil belajar �ℎ����� > ������ (12,347 >
1,987).3) terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap belajar dan
fasilitas pembelajran terhadap hasil belajar siswa dengan�ℎ����� > ������
(168,918 > 3,10). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dimana sikap belajar dan
fasilitas pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar
siswa.
Kata kunci: Hasil, Sikap, Fasilitas Pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:33 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:33 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2416 |
