PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (PBL-STEM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

AWALUDIN, ROBI (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (PBL-STEM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[thumbnail of 5. REKOMENDASI PENGUJI SIDANG.pdf] Text
5. REKOMENDASI PENGUJI SIDANG.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 10. BAB I.pdf] Text
10. BAB I.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 11. BAB II.pdf] Text
11. BAB II.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 12. BAB III.pdf] Text
12. BAB III.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 17. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa dalam materi usaha dan energi serta kurangnya inovasi dalam pembelajaran Fisika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model Problem Based Learning terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics (PBL-STEM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics (PBL-STEM) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian semu (Quasy Eksperimental) dengan menggunakan desain nonequevalen control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 394 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas masing-masing berjumlah 35 orang. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa dilakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk uraian berjumlah 10 soal pada materi usaha dan energi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji t,) dengan kriteria pengujian pada taraf signifikasi (α = 0,05). Hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukan bahwa nilai �ℎ����� ≥ 1,67 yang berarti �0 ditolak dan �� diterima, nilai �ℎ����� yang diperoleh adalah 3,35. Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning terintegrasi STEM (PBL-STEM) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.

Kata kunci: model Problem Based Learning terintegrasi STEM, keterampilan berpikir kritis, usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 10 Dec 2025 02:29
Last Modified: 10 Dec 2025 02:29
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2414

Actions (login required)

View Item
View Item