AWALUDIN, ROBI (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (PBL-STEM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (20kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (252kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (42kB)
4. HALAMAN PRIBADI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (54kB)
5. REKOMENDASI PENGUJI SIDANG.pdf
Download (450kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (162kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (63kB)
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (73kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (142kB)
10. BAB I.pdf
Download (135kB)
11. BAB II.pdf
Download (262kB)
12. BAB III.pdf
Download (357kB)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (599kB)
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (44kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (165kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (67kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa dalam materi usaha dan energi serta kurangnya inovasi dalam pembelajaran Fisika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model Problem Based Learning terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics (PBL-STEM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics (PBL-STEM) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian semu (Quasy Eksperimental) dengan menggunakan desain nonequevalen control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 394 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas masing-masing berjumlah 35 orang. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa dilakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk uraian berjumlah 10 soal pada materi usaha dan energi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji t,) dengan kriteria pengujian pada taraf signifikasi (α = 0,05). Hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukan bahwa nilai �ℎ����� ≥ 1,67 yang berarti �0 ditolak dan �� diterima, nilai �ℎ����� yang diperoleh adalah 3,35. Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning terintegrasi STEM (PBL-STEM) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.
Kata kunci: model Problem Based Learning terintegrasi STEM, keterampilan berpikir kritis, usaha dan energi.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:29 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:29 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2414 |
