SONIA, NIA (2023) KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR, MANAJEMEN WAKTU BELAJAR, DAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI (Studi Korelasi di Kelas XII IPA Lintas Minat SMA Negeri 1 Karangnunggal). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (46kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (277kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (125kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (271kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (394kB)
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (309kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (199kB)
8. BAB I.pdf
Download (415kB)
9. BAB II.pdf
Download (355kB)
10. BAB III.pdf
Download (856kB)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (559kB)
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (187kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (302kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (314kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya prestasi belajar pada
mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara
minat belajar, manajemen waktu belajar, dan efikasi diri peserta didik terhadap
prestasi belajar ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu korelasional
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa
kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Karangnunggal dengan jumlah 309 orang siswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan
diperoleh 174 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji
liniearitas, serta uji hipotesis menggunakan analisis statistik uji korelasi product
moment person dan uji korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1)
ada korelasi positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar
dengan nilai signifikansi 0,021 < 0,05. 2) ada korelasi positif dan signifikan antara
manajemen waktu belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,038
< 0,05. 3) ada korelasi positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap prestasi
belajar dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05. Simpulan dari penelitian ini yaitu
ada korelasi positif dan signifikan antara minat belajar, manajemen waktu belajar,
dan efikasi diri peserta didik terhadap prestasi belajar.
Kata Kunci: manajemen waktu, efikasi diri.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:28 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:28 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2413 |
