NURHOPIPAH, SITI (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN PENDEKATAN ICARE BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (83kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (66kB)
3 SURAT KETERANGAN PENGUJI.pdf
Download (77kB)
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (59kB)
5 ABSTRAK.pdf
Download (75kB)
6 KATA PENGANTAR.pdf
Download (77kB)
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (151kB)
8 BAB 1.pdf
Download (155kB)
9 BAB 2.pdf
Download (401kB)
10 BAB 3.pdf
Download (216kB)
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (84kB)
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (166kB)
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (112kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan e-modul dengan
pendekatan ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, and Extension)
berbantuan articulate storyline 3 pada materi bangun ruang sisi datar, untuk
mengetahui kelayakan dari pengembangan e-modul dengan pendekatan ICARE
berbantuan articulate storyline 3 pada materi bangun ruang sisi datar yang
dikembangkan, dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan e
modul dengan pendekatan ICARE berbantuan Articulate Storyline 3 pada materi
bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan
menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and
Evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan
kuesioner/angket. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian ahli media, ahli
materi dan respon peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua ahli
materi, dua ahli media dan peserta didik kelas IX SMP N 1 Salawu. Hasil penelitian ini
yaitu e-modul pada materi bangun ruang sisi datar. Kelayakan e-modul dengan
pendekatan ICARE berbantuan Articulate Storyline 3 pada materi bangun ruang sisi
datar berdasarkan penilaian kualitas isi dan tujuan oleh dua ahli materi dan penilaian
kualitas teknis oleh dua ahli media, e-modul yang telah dikembangkan dinyatakan
“Sangat Layak” dengan persentase 92% oleh ahli media dan dinyatakan sangat layak
dengan persentase 89,5% oleh ahli materi. Hasil respons peserta didik berdasarkan hasil
angket yang telah diberikan kepada peserta didik, penggunaan e-modul dengan
pendekatan ICARE berbantuan Articulate Storyline 3 pada materi bangun ruang sisi
datar mendapatkan respons “Baik” dengan persentase sebesar 80,25% dari peserta
didik.
Kata kunci : Penelitian pengembangan, E-modul, Articulate Storyline 3, bangun ruang
sisi datar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:18 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:18 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2407 |
