ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SENSING DAN INTUITION

NURYANI, DESI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SENSING DAN INTUITION. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 3. SURAT KETERANGAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf] Text
3. SURAT KETERANGAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of 6. ABSTRACT.pdf] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR TABEL.pdf] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 12. BAB I.pdf] Text
12. BAB I.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 13. BAB II.pdf] Text
13. BAB II.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of 14. BAB III.pdf] Text
14. BAB III.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 15. BAB IV.pdf] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 16. BAB V.pdf] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN.pdf] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis
peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian sensing dan intuition. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah dengan memberikan soal tes kemampuan komunikasi
matematis, angket tipe kepribadian sensing dan intuition, serta wawancara tak
terstruktur. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik yang diambil dari kelas IX A
SMP Negeri 12 Tasikmalaya dengan pertimbangan peserta didik telah mengerjakan soal
tes kemampuan komunikasi matematis memenuhi empat indikator kemampuan
komunikasi matematis dan memenuhi penggolongan tipe kepribadian sensing dan
intuition. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: peserta didik dengan tipe
kepribadian sensing dapat memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi
matematis, mampu menyajikan gambar dan peristiwa sehari-hari dalam ide atau simbol
matematika secara rinci, dalam menyampaikan informasi secara lisan tidak sedetail
dengan apa yang dituliskan, serta masih terdapat kekeliruan dalam menuliskan simbol
matematika yang dimisalkan dalam rumus yang digunakan. Peserta didik dengan tipe
kepribadian intuition yaitu dapat memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi
matematis namun dalam menyajikan gambar dan peristiwa sehari-hari dalam ide atau
simbol matematika tidak lengkap, berbeda pada saat wawancara peserta didik mampu
menjelaskan langkah-langkah penyelesaian yang digunakan, menuliskan jawaban
dengan menggunakan bahasa sendiri, masih terdapat kekeliruan dalam menuliskan
bentuk aljabar yang digunakan namun peserta didik dapat menjelaskan bentuk aljabar
yang seharusnya pada saat wawancara, dan cenderung kurang lengkap dalam
menggunakan rumus untuk menentukan strategi penyelesaian soal.
Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Sensing, Intuition.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 10 Dec 2025 02:08
Last Modified: 10 Dec 2025 02:08
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2402

Actions (login required)

View Item
View Item