NURYANI, DESI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SENSING DAN INTUITION. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (68kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (208kB)
3. SURAT KETERANGAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf
Download (673kB)
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf
Download (260kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (28kB)
6. ABSTRACT.pdf
Download (69kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (77kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (36kB)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Download (27kB)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (29kB)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (30kB)
12. BAB I.pdf
Download (113kB)
13. BAB II.pdf
Download (502kB)
14. BAB III.pdf
Download (304kB)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (31kB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (172kB)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis
peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian sensing dan intuition. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah dengan memberikan soal tes kemampuan komunikasi
matematis, angket tipe kepribadian sensing dan intuition, serta wawancara tak
terstruktur. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik yang diambil dari kelas IX A
SMP Negeri 12 Tasikmalaya dengan pertimbangan peserta didik telah mengerjakan soal
tes kemampuan komunikasi matematis memenuhi empat indikator kemampuan
komunikasi matematis dan memenuhi penggolongan tipe kepribadian sensing dan
intuition. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: peserta didik dengan tipe
kepribadian sensing dapat memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi
matematis, mampu menyajikan gambar dan peristiwa sehari-hari dalam ide atau simbol
matematika secara rinci, dalam menyampaikan informasi secara lisan tidak sedetail
dengan apa yang dituliskan, serta masih terdapat kekeliruan dalam menuliskan simbol
matematika yang dimisalkan dalam rumus yang digunakan. Peserta didik dengan tipe
kepribadian intuition yaitu dapat memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi
matematis namun dalam menyajikan gambar dan peristiwa sehari-hari dalam ide atau
simbol matematika tidak lengkap, berbeda pada saat wawancara peserta didik mampu
menjelaskan langkah-langkah penyelesaian yang digunakan, menuliskan jawaban
dengan menggunakan bahasa sendiri, masih terdapat kekeliruan dalam menuliskan
bentuk aljabar yang digunakan namun peserta didik dapat menjelaskan bentuk aljabar
yang seharusnya pada saat wawancara, dan cenderung kurang lengkap dalam
menggunakan rumus untuk menentukan strategi penyelesaian soal.
Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Sensing, Intuition.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:08 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:08 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2402 |
