NURHIDAYAT, MUHAMMAD AGNI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X IPA di MA idrisiyyah). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (91kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (373kB)
3. Pernyataan keaslian karya ilmiah.pdf
Download (227kB)
4. Rekomendasi penguji sidang.pdf
Download (268kB)
5. Abstrak.pdf
Download (571kB)
6. Kata pengantar.pdf
Download (162kB)
7. Ucapan terimakasih.pdf
Download (645kB)
8. Daftar Isi.pdf
Download (565kB)
9. Daftar tabel.pdf
Download (148kB)
10. Daftar gambar.pdf
Download (140kB)
11. Daftar lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (154kB)
12. Bab 1.pdf
Download (3MB)
10. Daftar gambar.pdf
Download (140kB)
13. Bab 2.pdf
Download (11MB)
14. Bab 3.pdf
Download (3MB)
15. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
16. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (335kB)
17. Daftar Pustaka.pdf
Download (1MB)
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
19. Riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (226kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tuntutan pembelajaran yang harus relavan dengan perkembangan zaman dalam mencari pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media phET terhadap hasil belajar siswa kelas x pada materi usaha dan energi. Tujuan penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri tetrbimbing berbantuan media phET terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain posttest-only control group design. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling yang terdiri ari kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan instrumen nontes berupa lembar observasi keterlaksanaan model inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil uji hipotesis terhadap data posttest dengan mwngunakan uji t hitung didapatkan kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, penerapan model inkuiri terbimbing terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls. Lembar keterlaksanaan model inkuiri terbimbing secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata nilai presentase sebesar 95%. Hal ini menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran peneliti konsisten menerapkan sintaks model inkuiri terbimbing.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Media Pembelajaran, MOdel Pembelajaran, phET, Hasil Belajar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:07 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:07 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2395 |
