Yulianti, Delia (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X Akuntansi 2 SMKN 1 Banjar Tahun Ajaran 2022/2023). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (84kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (104kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (95kB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (46kB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (178kB)
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (82kB)
7 BAB1.pdf
Download (291kB)
8 BAB 2.pdf
Download (403kB)
9 BAB 3.pdf
Download (345kB)
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (786kB)
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (174kB)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (175kB)
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (52kB)
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Berdasarkan Kurikulum 2013 revisi, menganalisis struktur dan kebahasaan teks
eksposisi dan mengonstruksikan teks eksposisi dengan memperhatikan isi
(permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas
X. Namun kenyataannya masih banyak peserta didik yang belum mampu menganalisis
struktur dan kebahasaan serta mengonstruksi teks eksposisi seperti yang terjadi pada
peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Banjar. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Two Stay Two Stray
meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengonstruksi
teks eksposisi pada peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Banjar Tahun
Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK).
Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa pada siklus pertama
kompetensi dasar 3.4 terdapat sebanyak 11 orang peserta didik (31%) sudah mencapai
KKM dan sebanyak 25 orang peserta didik (69%) belum mencapai KKM. Pada
kompetensi dasar 4.4 sebanyak 14 orang peserta didik (39%) sudah mencapai KKM
dan sebanyak 22 orang peserta didik (61%) belum mencapai KKM. Pada siklus kedua,
baik pada kompetensi dasar 3.4 maupun 4.4 seluruh peserta didik yang berjumlah 36
orang (100%) mampu mencapai KKM. Selain itu, berdasarkan uji Wilcoxon diperoleh
hasil bahwa Whitung (0)<Wtabel (169,05). Dengan demikian, dapat diartikan bahwa
hipotesis tindakan penelitian diterima. Model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat
meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta
mengonstruksikan teks eksposisi pada peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri
1 Banjar tahun ajaran 2022/2023.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 01:33 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 01:33 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2388 |
