PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, AND EXTENDING (CORE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK

NUGRAHA, CECEP (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, AND EXTENDING (CORE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan dengan studi pendahuluan berupa wawancara dan tes pemahaman konsep. Peneliti berupaya memberi solusi dengan menggunakan model pembelajaran CORE. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, and extending (CORE) terhadap pemahaman konsep siswa pada materi gelombang mekanik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini seluruh kelas XI MIPA berjumlah lima kelas. Sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Pemahaman konsep siswa diukur menggunakan instrumen berbentuk uraian yang mengacu pada indikator menurut Anderson dan Krathwohl. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas menggunakan Chi-Square dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Uji hipotesis menggunakan uji statistik yaitu uji t bebas dengan taraf signifikansi ( = 0,05). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa �ℎ����� > ������ yaitu 7,29 > 1,997 sehingga �� diterima. Artinya pada taraf kepercayaan 95% disimpulkan bahwa ada pengaruh model CORE terhadap pemahaman konsep siswa pada materi gelombang mekanik di kelas XI SMAN Jatinunggal tahun ajaran 2024/2025. Hal tersebut karena model pembelajaran CORE mampu membantu siswa membangun pengetahuannya melalui pengalaman belajar yang bermakna, seperti penyelidikan ilmiah dan kegiatan reflektif.

Kata kunci: Gelombang Mekanik, Model Pembelajaran CORE, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 09 Dec 2025 08:26
Last Modified: 09 Dec 2025 08:26
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item
View Item