Khotimah, Dita Fitri (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR hhhhhhhhhh DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (78kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (289kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (214kB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (114kB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (136kB)
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (89kB)
7 BAB 1.pdf
Download (166kB)
8 BAB 2.pdf
Download (235kB)
9 BAB 3.pdf
Download (216kB)
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (538kB)
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (68kB)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (89kB)
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (72kB)
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Kurikulum 2013 Revisi diorientasikan pada pembelajaran berbasis teks. Berfokus pada keterampilan membaca, menulis, mendengar, berbicara dan memirsa. Salah satu teks yang harus dikuasai termuat dalam KD 3.2 Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi tentang objek yang didengar dibaca, dan; 4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek secara tulis dan lisan. Perolehan nilai peserta didik VII A SMP Negeri 18 Tasikmalaya sebagian besar belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 76. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran jigsaw meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan, dan menyajikan teks deskripsi pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian yang penulis laksanakan menunjukkan perolehan nilai siklus kesatu aspek pengetahuan peserta didik sebanyak 14 orang (56%) berhasil mencapai KKM dan 11 orang (44%) belum mencapai KKM. Perolehan nilai aspek keterampilan peserta didik sebanyak 13 orang (52%) berhasil mencapai KKM dan 15 orang (48%) belum mencapai KKM. Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada nilai pengetahuan dan keterampilan sebanyak 25 orang (100%) telah mencapai KKM. Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya. Berdasarkan analisis data statistik siklus kesatu dan siklus kedua dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan, dan menyajikan teks deskripsi pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 07:15 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 07:15 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2355 |
