DEWI, SALMA FEBRILIA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENGURANGI MATHEMATICS ANXIETY PESERTA DIDIK. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (31kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf
Download (178kB)
3. SURAT KETERANGAN.pdf
Download (116kB)
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf
Download (456kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (7kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (124kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (356kB)
8. DAFTAR TABEL.pdf
Download (232kB)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (232kB)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (233kB)
11. BAB 1.pdf
Download (145kB)
12. BAB 2.pdf
Download (312kB)
13. BAB 3.pdf
Download (251kB)
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10kB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (234kB)
18. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (133kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar interaktif berbantuan Articulate Storyline 3, dan mengetahui mathematics anxiety siswa setelah menggunakan bahan ajar interaktif berbantuan Articulate Storyline 3. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research & Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara , penyebaran kuesioner untuk penilaian kelayakan dan respon peserta didik serta penyebaran angket mathematics anxiety. Sumber data dari penelitian ini adalah dua ahli media dan dua ahli materi untuk menilai dari segi kualitas teknis, kualitas isi dan tujuan, serta peserta didik yang dipilih dari kelas VIII SMP Negeri 14 Tasikmalaya yang berjumlah 31 siswa untuk mengetahui respon peserta didik dan tingkat mathematics anxiety siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar interaktif. Hasil penelitian ini berupa aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone android dengan nama TeTha yang berdasarkan hasil validasi dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dan ahli media serta mendapat respon sangat baik dari peserta didik. Prosedur bahan ajar interaktif ini dinilai berdasarkan pada penilaian kualitas isi dan tujuan oleh ahli materi serta kualitas teknis oleh ahli media. Bahan ajar interaktif ini dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan ahli materi serta peserta didik memberikan respon yang sangat baik terhadap penggunaan bahan ajar interaktif ini dan menunjukan bahwa penggunaan bahan ajar interaktif mampu mengurangi tingkat mathematics anxiety peserta didik yang semula 67% (kategori sedang) menjadi 50% (kategori rendah).
Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar Interaktif, Articulate Storyline 3, Research Development, ADDIE, Mathematics Anxiety.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 06:12 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 06:12 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2331 |
