HERMAWAN, M.FARID (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS X-4 MAN 3 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (150kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (257kB)
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Download (236kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (281kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (190kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (185kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (188kB)
8. HALAMAN PRIBADI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (183kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (296kB)
10. BAB 1.pdf
Download (268kB)
11. BAB 2.pdf
Download (366kB)
12. BAB 3.pdf
Download (310kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (492kB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (194kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (254kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning, kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Problem Based Learning dan hasil penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X-4 MAN 3 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Tempat penelitian dilaksanakan di MAN 3 Tasikmalaya. Sumber data dan informasi teridiri dari peserta didik, guru, Modul, dan Silabus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terjadi dalam dua arah guru dan peserta didik mempunyai peran yang sama penting, guru harus menyiapkan permasalahan yang akan didiskusikan oleh peserta didik, masalah yang didiskusikan harus sesuai dengan keadan di lapangan, peserta didik dibagi dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan permasalahan yang telah diberikan oleh guru, sesudah diskusi selesai peserta didik melaporkan dan melakukan kegiatan tanya jawab. Kelebihan model problem based learning ini peserta didik tidak terbatas untuk mencari informasi, kekurangan model Problem Based Learning meyebabkan kelas kurang kondusif. Hasil dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terdapat perubahan tingkah laku pada peserta didik seperti, terlatih berkomunikasi dan menjadi aktif dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Pembelajaran Sejarah
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LA History of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:27 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:27 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2286 |
