IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS X-4 MAN 3 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2023/2024

HERMAWAN, M.FARID (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS X-4 MAN 3 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 8. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
8. HALAMAN PRIBADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 10. BAB 1.pdf] Text
10. BAB 1.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 11. BAB 2.pdf] Text
11. BAB 2.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 12. BAB 3.pdf] Text
12. BAB 3.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 13. BAB 4.pdf] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[thumbnail of 14. BAB 5.pdf] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning, kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Problem Based Learning dan hasil penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X-4 MAN 3 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Tempat penelitian dilaksanakan di MAN 3 Tasikmalaya. Sumber data dan informasi teridiri dari peserta didik, guru, Modul, dan Silabus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terjadi dalam dua arah guru dan peserta didik mempunyai peran yang sama penting, guru harus menyiapkan permasalahan yang akan didiskusikan oleh peserta didik, masalah yang didiskusikan harus sesuai dengan keadan di lapangan, peserta didik dibagi dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan permasalahan yang telah diberikan oleh guru, sesudah diskusi selesai peserta didik melaporkan dan melakukan kegiatan tanya jawab. Kelebihan model problem based learning ini peserta didik tidak terbatas untuk mencari informasi, kekurangan model Problem Based Learning meyebabkan kelas kurang kondusif. Hasil dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terdapat perubahan tingkah laku pada peserta didik seperti, terlatih berkomunikasi dan menjadi aktif dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:27
Last Modified: 09 Dec 2025 02:27
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2286

Actions (login required)

View Item
View Item