Aulia, Nauval Ardiyan (2024) PENGARUH PENGGUNAAN TEKS MULTIMODAL DALAM BENTUK VIDEO PERTUNJUKAN MUSIKALISASI PUISI PURAGABAYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS LEGENDA (Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1-Cover.pdf
Download (41kB)
2-Lembar Pengesahan.pdf
Download (200kB)
3-Lembar Peryataan.pdf
Download (156kB)
4-Abstrak.pdf
Download (261kB)
5-Kata Pengantar.pdf
Download (264kB)
6-Daftar Isi.pdf
Download (128kB)
7-Daftar Tabel.pdf
Download (11kB)
8-Daftar Diagram.pdf
Download (9kB)
9-Daftar Gambar.pdf
Download (146kB)
10-Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (258kB)
11-BAB I.pdf
Download (216kB)
12-BAB II.pdf
Download (576kB)
13-BAB III.pdf
Download (805kB)
14-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
15-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (274kB)
16-Daftar Pustaka.pdf
Download (268kB)
17-Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (156kB)
18-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII adalah KD 3.15 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar dan KD 4.15 Menceritakan kembali isi fabel/legenda daerah setempat. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Pengaruh penggunaan video pertunjukan musikalisasi puisi Puragabaya terhadap pembelajaran mengidentifikasi informasi teks legenda dan menceritakan kembali isi teks legenda (Eksperimen pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh penggunaan teks multimodal dalam bentuk video pertunjukan musikalisasi puisi puragabaya terhadap pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks legenda” (Eksperimen pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023). Berdasarkan hasil penelitian wilcoxon, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen terhadap pembelajaran mengidentifikasi informasi teks legenda yakni 38,8475 (pretest) dan 89,25 (posttest). Dan rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen terhadap pembelajaran menceritakan kembali isi teks legenda yakni 44,75 (pretest) dan 75,53 (posttest). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Sig 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Artinya terdapat perbedaan rata-rata nilai antara pretest dan posttest. Peserta didik pada posttest memiliki kemampuan lebih baik dibanding peserta didik pada pretest setelah diberi perlakuan penggunaan teks multimodal. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan teks multimodal berpengaruh secara signifikan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks legenda pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Dari peryataan tersebut, hipotesis yang diajukan penulis diterima.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 01:28 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 01:28 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2268 |
