PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

FAIZAH, AYI NUR (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01. Cover.pdf] Text
01. Cover.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 02. Lembar Pengesahan.pdf] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 03. Pernyataan Keaslian.pdf] Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (727kB)
[thumbnail of 04. Abstrak.pdf] Text
04. Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 05. Kata Pengantar.pdf] Text
05. Kata Pengantar.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 06. Daftar Isi.pdf] Text
06. Daftar Isi.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 07. Bab 1.pdf] Text
07. Bab 1.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 08. Bab 2.pdf] Text
08. Bab 2.pdf

Download (827kB)
[thumbnail of 09. Bab 3.pdf] Text
09. Bab 3.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 10. Bab 4.pdf] Text
10. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 11. Bab 5.pdf] Text
11. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[thumbnail of 12. Daftar Pustaka.pdf] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 13. Lampiran.pdf] Text
13. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[thumbnail of 14. Riwayat Hidup.pdf] Text
14. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan dan kelayakan dari media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan Adobe Animate serta respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan Adobe Animate yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research & Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE dengan proses pengembangannya melewati tahap Assessment/Analysis, tahap Design, tahap Development, tahap Implementation, dan tahap Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara semi terstruktur dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar kisi-kisi wawancara serta angket kualitas media pembelajaran. Data penelitian ini diperoleh dari ahli materi, ahli media, dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya. TEPITAGO merupakan nama dari media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan Adobe Animate pada materi teorema Pythagoras yang merupakan hasil dari penelitian ini. Kelayakan media pembelajaran ini dinilai berdasarkan pada penilaian kualitas isi dan tujuan yang dilakukan oleh ahli materi serta kualitas teknis yang dilakukan oleh ahli media. Media pembelajaran interaktif berbasis web ini dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan ahli materi serta respon yang sangat baik yang diberikan oleh peserta diidk terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis web.

Kata kunci: Pengembangan media pembelajaran interaktif, Adobe Animate, Research & Development, ADDIE, dan Teorema Pythagoras.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 08 Dec 2025 07:58
Last Modified: 08 Dec 2025 07:58
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2243

Actions (login required)

View Item
View Item