MAULANA, MUHAMMAD AZRIL RIZKY (2024) EFEKTIVITAS SUPLEMEN PEMBELAJARAN BERBANTUAN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Manonjaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (15kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (200kB)
3. SURAT KETERANGAN.pdf
Download (52kB)
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf
Download (72kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (7kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (137kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (33kB)
8. DAFTAR TABEL.pdf
Download (135kB)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (28kB)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (125kB)
11. BAB 1.pdf
Download (94kB)
12. BAB 2.pdf
Download (499kB)
13. BAB 3.pdf
Download (414kB)
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (102kB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (169kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
18. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (75kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep minat belajar peserta didik secara simultan maupun parsial pada materi barisan dan deret. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep, kuesioner minat belajar peserta didik, dan validasi suplemen pembelajaran berbantuan TikTok. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kisi-kisi tes kemampuan pemahaman konsep, kisi-kisi kuesioner minat belajar, serta kisi-kisi lembar penilaian kualitas teknis kisi-kisi lembar penilaian kualitas isi dan tujuan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Manonjaya yang berjumlah X kelas. Sampel dipilih secara acak menurut kelas, sehingga kelas XI IPA 5 yang terpilih sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang yang pembelajarannya menggunakan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok. Teknik analisis data yang digunakan dalam uji hipotesis yaitu uji multivariate analysis of variance (MANOVA) dan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik, penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik, dan penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok tidak efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.
Kata kunci: Efektivitas; Suplemen Pembelajaran berbantuan TikTok; Kemampuan Pemahaman Konsep; Minat Belajar Peserta Didik; Barisan dan Deret
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 07:47 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 07:47 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2239 |
