EFEKTIVITAS SUPLEMEN PEMBELAJARAN BERBANTUAN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Manonjaya)

MAULANA, MUHAMMAD AZRIL RIZKY (2024) EFEKTIVITAS SUPLEMEN PEMBELAJARAN BERBANTUAN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Manonjaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 3. SURAT KETERANGAN.pdf] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[thumbnail of 11. BAB 1.pdf] Text
11. BAB 1.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 12. BAB 2.pdf] Text
12. BAB 2.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of 13. BAB 3.pdf] Text
13. BAB 3.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of 14. BAB 4.pdf] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 15. BAB 5.pdf] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 17. LAMPIRAN.pdf] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 18. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf] Text
18. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep minat belajar peserta didik secara simultan maupun parsial pada materi barisan dan deret. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep, kuesioner minat belajar peserta didik, dan validasi suplemen pembelajaran berbantuan TikTok. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kisi-kisi tes kemampuan pemahaman konsep, kisi-kisi kuesioner minat belajar, serta kisi-kisi lembar penilaian kualitas teknis kisi-kisi lembar penilaian kualitas isi dan tujuan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Manonjaya yang berjumlah X kelas. Sampel dipilih secara acak menurut kelas, sehingga kelas XI IPA 5 yang terpilih sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang yang pembelajarannya menggunakan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok. Teknik analisis data yang digunakan dalam uji hipotesis yaitu uji multivariate analysis of variance (MANOVA) dan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik, penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik, dan penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok tidak efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.

Kata kunci: Efektivitas; Suplemen Pembelajaran berbantuan TikTok; Kemampuan Pemahaman Konsep; Minat Belajar Peserta Didik; Barisan dan Deret

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 08 Dec 2025 07:47
Last Modified: 08 Dec 2025 07:47
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2239

Actions (login required)

View Item
View Item