SINDIANI, SINDIANI (2024) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI IPS SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (28kB)
02 LEMBAR PENGESAHAN .pdf
Download (415kB)
03 SURAT PERNYATAAN (1).pdf
Download (330kB)
03 SURAT PERNYATAAN.pdf
Download (330kB)
04 ABSTRAK.pdf
Download (42kB)
06 DAFTAR ISI.pdf
Download (172kB)
07 DAFTAR TABEL.pdf
Download (56kB)
08 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (37kB)
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (52kB)
10 BAB 1.pdf
Download (202kB)
11 BAB 2.pdf
Download (293kB)
12 BAB 3.pdf
Download (545kB)
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (554kB)
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (69kB)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (172kB)
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan membandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas XI IPS SMAN 5 Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain The Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPS sebanyak 5 kelas, dan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 3 kelas. Adapun sampel penelitian adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1, kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen 2 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada materi perdagangan internasional, dimana nilai rata-rata posttest lebih unggul dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan model pembelajaran konvensional, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Kooperatif, Teams Games Tournament, Think Pair Share
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 07:07 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 07:07 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2225 |
