AMATILAH, SIWI ANDRIYANI (2024) PENGARUH PUNISHMENT DAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Survei Studi Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Ciawi Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01. COVER.pdf
Download (54kB)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (401kB)
03. LEMBAR PERYATAAN.pdf
Download (306kB)
04. ABSTRAK.pdf
Download (36kB)
05. KATA PENGANTAR.pdf
Download (118kB)
06. DAFTAR ISI.pdf
Download (102kB)
07. DAFTAR TABEL.pdf
Download (32kB)
08. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (30kB)
09. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (30kB)
10. BAB 1.pdf
Download (104kB)
11. BAB 2.pdf
Download (246kB)
12. BAB 3.pdf
Download (416kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (417kB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (93kB)
15. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf
Download (163kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas XI mata pelajaran ekonomi, hal ini terlihat dari banyak peserta didik yang bolos pada saat jam pelajaran sedang berlangsung, terlambatnya siswa dalam mengumpulkan tugas, serta banyak peserta didik yang tidak memperhatikan guru pada saat menjelaskan materi. Kemudian nilai ulangan tengah semester peserta didik yang masih banyak nilainya di bawah KKM ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh punishment dan reward terhadap motivasi belajar peserta didik serta implikasinya terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dengan desain explanatory. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 439. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan cara simple random sampling sampel yang diambil yaitu 209 peserta didik. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan aplikasi Amos Versi 26. Hasil penelitian dari pengaruh langsung menunjukan punishment berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan nilai P-Value 0,006, reward berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan nilai P-Value 0,037, punishment berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai P-Value 0,003, reward berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai P-Value *** atau < 0,001, motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik P-Value *** atau < 0,001. Kemudian hasil penelitian dari pengaruh tidak langsung menunjukan punishment berpengaruh terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan nilai Z-Sobel 2,727, dan reward berpengaruh terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan nilai Z-Sobel yaitu 2,167. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu punishment dan reward berpengaruh terhadap motivasi belajar dan secara tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar.
Kata Kunci: Punishment, Reward, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 07:01 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 07:01 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2224 |
