ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi)

HUTAMI, ANNISA YULIA (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 3. Pernyataan Orisinalitas.pdf] Text
3. Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf] Text
4. Abstrak.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 5. Pedoman Transliterasi.pdf] Text
5. Pedoman Transliterasi.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 6. Kata Pengantar.pdf] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 7. Daftar Isi.pdf] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[thumbnail of 13. Daftar Pustaka.pdf] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 14. Lampiran.pdf] Text
14. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)

Abstract

Mahasiswa merupakan kelompok usia remaja yang saat ini termasuk kedalam generasi Z. Umumnya remaja akan mengalami suatu perubahan seperti: fisik, hobi, dan keinginan lainnya, sehingga memungkinkan adanya peningkatan konsumsi yang terjadi. Didukung dengan perkembangan teknologi informasi dan digital menjadikan masyarakat termasuk remaja memiliki akses penuh terhadap suatu informasi mengenai produk atau jasa yang diinginkan sehingga lebih mudah untuk mendapatkan apa yang diinginkan dan membentuk suatu gaya hidup yang baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berkaitan dan memiliki indikasi yang dapat memengaruhi perilaku konsumtif generasi Z sehingga variabel yang digunakan adalah variabel gaya hidup (X1), uang elektronik (X2) dan religiusitas (X3). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi dengan jumlah populasi mahasiswanya sebesar 590 orang. Penelitian ini menggunakan teknik Proporsionate Stratified Random Sampling, dengan jumlah sampel sebesar 100 orang, dan diolah menggunakan software IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya hidup (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, berdasarkan nilai signifikansi 0,000<0,05. Variabel uang elektronik (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Variabel religiusitas (X3) tidak memiliki pengaruh signifikan karena nilai signifikansi sebesar 0,224>0,05. Secara bersama-sama variabel gaya hidup (X1), uang elektronik (X2) dan religiusitas (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Penelitian ini dapat menjadi informasi terkait beberapa faktor yang menyebabkan perilaku konsumtif di lingkungan mahasiswa. Lembaga dapat mengedukasi mengenai pengendalian perilaku konsumtif melalui pembelajaran di perkuliahan sehingga dapat meminimalisir terjadi perilaku konsumtif dan terhindar dari hal-hal yang merugikan akibat perilaku konsumtif ini.

Kata Kunci: Gaya Hidup, Uang Elektronik, Religiusitas dan Perilaku Konsumtif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 08 Dec 2025 06:49
Last Modified: 08 Dec 2025 06:49
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item
View Item