LASTRIA, CIPTA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. cover.pdf
Download (14kB)
2. pengesahan.pdf
Download (68kB)
3. pernyataan.pdf
Download (69kB)
4. abtsrak.pdf
Download (183kB)
5. kata pengantar.pdf
Download (231kB)
6. ucapan terimakasih.pdf
Download (130kB)
7. daftar isi.pdf
Download (56kB)
9. bab i.pdf
Download (167kB)
10. bab ii.pdf
Download (581kB)
11. bab iii.pdf
Download (994kB)
12. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (773kB)
13. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7kB)
14. daftar pustaka.pdf
Download (154kB)
15. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
16. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi energi terbarukan dengan rata-rata persentase skor 22,21 %, kurangnya inovasi dalam penggunaan model pembelajaran Fisika serta proses pembelajaran hanya berfokus pada hal-hal bersifat harfiah dan tekstual yang mengacu pada sumber-sumber bacaan seperti buku dan cenderung pada aspek perhitungan saja. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran RICOSRE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi energi terbarukan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian meliputi seluruh kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya sebanyak 11 kelas, dan sampel penelitian dipilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling, yaitu kelas X 8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 9 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (posttest) berupa soal uraian yang mencakup 3 indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi (� = 0,05), diperoleh hasil ������� > ������ yang berarti �� diterima. Kesimpulannya, pada taraf kepercayaan 95%, model pembelajaran RICOSRE berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi energi terbarukan di kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Hal ini dikarenakan model RICOSRE dapat menekankan pada pemikiran solusi dan sistematis serta mengharuskan peserta didik menyelesaikan suatu kasus atau masalah secara bertahap sehingga berpengaruh pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Kata kunci: energi terbarukan, keterampilan berpikir tingkat tinggi, model pembelajaran RICOSRE.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 07:12 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 07:12 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2212 |
