PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

LASTRIA, CIPTA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. cover.pdf] Text
1. cover.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 2. pengesahan.pdf] Text
2. pengesahan.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 3. pernyataan.pdf] Text
3. pernyataan.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4. abtsrak.pdf] Text
4. abtsrak.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 5. kata pengantar.pdf] Text
5. kata pengantar.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 6. ucapan terimakasih.pdf] Text
6. ucapan terimakasih.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 7. daftar isi.pdf] Text
7. daftar isi.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 9. bab i.pdf] Text
9. bab i.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 10. bab ii.pdf] Text
10. bab ii.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of 11. bab iii.pdf] Text
11. bab iii.pdf

Download (994kB)
[thumbnail of 12. bab iv.pdf] Text
12. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[thumbnail of 13. bab v.pdf] Text
13. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[thumbnail of 14. daftar pustaka.pdf] Text
14. daftar pustaka.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 15. lampiran.pdf] Text
15. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 16. riwayat hidup.pdf] Text
16. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi energi terbarukan dengan rata-rata persentase skor 22,21 %, kurangnya inovasi dalam penggunaan model pembelajaran Fisika serta proses pembelajaran hanya berfokus pada hal-hal bersifat harfiah dan tekstual yang mengacu pada sumber-sumber bacaan seperti buku dan cenderung pada aspek perhitungan saja. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran RICOSRE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi energi terbarukan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian meliputi seluruh kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya sebanyak 11 kelas, dan sampel penelitian dipilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling, yaitu kelas X 8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 9 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (posttest) berupa soal uraian yang mencakup 3 indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi (� = 0,05), diperoleh hasil ������� > ������ yang berarti �� diterima. Kesimpulannya, pada taraf kepercayaan 95%, model pembelajaran RICOSRE berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi energi terbarukan di kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Hal ini dikarenakan model RICOSRE dapat menekankan pada pemikiran solusi dan sistematis serta mengharuskan peserta didik menyelesaikan suatu kasus atau masalah secara bertahap sehingga berpengaruh pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Kata kunci: energi terbarukan, keterampilan berpikir tingkat tinggi, model pembelajaran RICOSRE.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 08 Dec 2025 07:12
Last Modified: 08 Dec 2025 07:12
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2212

Actions (login required)

View Item
View Item