NIDA, HAIFA HANIFATUN (2025) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X-11 SMA NEGERI 8 TASIKMALAYA PADA MATERI PENGUKURAN. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (15kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (981kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (606kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (114kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (625kB)
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf
Download (408kB)
7. BAB 1.pdf
Download (144kB)
8. BAB 2.pdf
Download (643kB)
9. BAB 3.pdf
Download (194kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (244kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat menjadi salah satu permasalahan yang menyebabkan sikap siswa menjadi acuh terharap pelajaran sehingga berdampak pada kurangnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament berbantuan media permainan ular tangga pada materi pengukuran. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X-11 SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 38 orang. Proses pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan tahapan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil belajar kognitif siswa didapatkan melalui metode tes hasil belajar kognitif menggunakan instrumen soal tes akhir siklus. Pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal 42,11% dengan rata-rata nilai siswa 63,06. Sedangkan pada siklus II memperoleh peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 84,21% dengan rata-rata nilai 80,56. Hasil belajar kognitif siswa materi pengukuran meningkat setelah diterapkan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament berbantuan media permainan ular tangga.
Kata kunci: Hasil Belajar Kognitif, Model Kooperatif Tipe TGT, Permainan Ular Tangga.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 05:04 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 05:04 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2203 |
