PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X-11 SMA NEGERI 8 TASIKMALAYA PADA MATERI PENGUKURAN

NIDA, HAIFA HANIFATUN (2025) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X-11 SMA NEGERI 8 TASIKMALAYA PADA MATERI PENGUKURAN. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (981kB)
[thumbnail of 3. PERNYATAAN.pdf] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR - DAFTAR.pdf] Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat menjadi salah satu permasalahan yang menyebabkan sikap siswa menjadi acuh terharap pelajaran sehingga berdampak pada kurangnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament berbantuan media permainan ular tangga pada materi pengukuran. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X-11 SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 38 orang. Proses pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan tahapan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil belajar kognitif siswa didapatkan melalui metode tes hasil belajar kognitif menggunakan instrumen soal tes akhir siklus. Pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal 42,11% dengan rata-rata nilai siswa 63,06. Sedangkan pada siklus II memperoleh peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 84,21% dengan rata-rata nilai 80,56. Hasil belajar kognitif siswa materi pengukuran meningkat setelah diterapkan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament berbantuan media permainan ular tangga.

Kata kunci: Hasil Belajar Kognitif, Model Kooperatif Tipe TGT, Permainan Ular Tangga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 08 Dec 2025 05:04
Last Modified: 08 Dec 2025 05:04
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2203

Actions (login required)

View Item
View Item