NURMASAHARA, HILDA (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TEH SERBUK “PUDER TEA” (Kasus di PD Selamat Jaya yang bermitra dengan SMKN Bojonggambir). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (91kB)
2. PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf
Download (363kB)
3. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf
Download (145kB)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (300kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (77kB)
6. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf
Download (189kB)
7. BAB 1.pdf
Download (115kB)
8. BAB 2.pdf
Download (204kB)
9. BAB 3.pdf
Download (266kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (184kB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (304kB)
12. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (96kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (101kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (39kB)
Abstract
PD Selamat Jaya sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi teh perlu merumuskan strategi yang tepat untuk pengembangan usahanya. PD Selamat Jaya mempunyai produk teh sejak awal tahun 2023 yang belum mampu bersaing di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta mengidentifikasi alternatif strategi dan menentukan strategi prioritas yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan produk Teh Serbuk “Puder Tea”. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pembahasan dilakukan secara deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di PD Selamat Jaya yang berlokasi di Desa Mangkonjaya, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya. Teknik penentuan responden menggunakan purposive. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan ialah analisis SWOT dan analisis QSPM. Hasil analisis menunjukkan bahwa Faktor internal yang menjadi kekuatan terbesar ialah kemasan produk yang menarik, sedangkan yang menjadi kelemahan terbesar ialah akses lokasi yang jauh dengan calon konsumen. Faktor eksternal yang menjadi peluang terbesar ialah ketersediaan bahan baku yang melimpah sedangkan ancaman terbesar ialah persaingan usaha dan kompetisi pasar. Berdasarkan analisis SWOT terdapat 9 strategi alternatif yang bisa di terapkan di PD Selamat Jaya dan Strategi prioritas yang dipilih berdasarkan QSPM ialah meningkatkan kualitas produk teh melalui penguatan kerjasama dengan mitra petani dan mitra pengemasan produk.
Kata Kunci : Pengembangan, Puder Tea, QSPM, Strategi, SWOT, Teh.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Pertanian |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 02:02 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 02:02 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2159 |
