K, RESTU WIGUNA (2024) PENGARUH MODEL TREFFINGER BERBANTUAN VIDEOSCRIBE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Quasi experiment pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (16kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (106kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf
Download (103kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (73kB)
5. ABSTRACT.pdf
Download (136kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (72kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (74kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (54kB)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Download (32kB)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (44kB)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (36kB)
12. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Download (97kB)
13. BAB 2 TINJAUAN TEORITIS.pdf
Download (1MB)
14. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf
Download (358kB)
15. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (899kB)
16. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (73kB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (145kB)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi energi dan sumber energi terbarukan dan serta kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran Fisika. Salah satu solusi yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Treffinger dengan berbantuan Videoscribe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Treffinger berbantuan Videoscribe terhadap keterampilan berpikir kreatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 12 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, diperoleh kelas X-8 (37 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 (37 orang) sebagai kelas kontrol. Siswa diberikan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk uraian berjumlah 7 soal pada materi pemanasan global untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (� = 0,05) menunjukkan bahwa �ℎ����� > ������ yakni 2,17 > 1,67 yang berarti �0 ditolak dan �� diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Treffinger berbantuan videoscribe berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pemanasan global di kelas X SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.
Kata kunci: model Treffinger, Videoscribe, keterampilan berpikir kreatif, pemanasan global.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 08:29 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 08:29 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2125 |
