PENGARUH MODEL TREFFINGER BERBANTUAN VIDEOSCRIBE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Quasi experiment pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

K, RESTU WIGUNA (2024) PENGARUH MODEL TREFFINGER BERBANTUAN VIDEOSCRIBE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Quasi experiment pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 5. ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR TABEL.pdf] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[thumbnail of 12. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf] Text
12. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 13. BAB 2 TINJAUAN TEORITIS.pdf] Text
13. BAB 2 TINJAUAN TEORITIS.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 14. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf] Text
14. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 15. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf] Text
15. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[thumbnail of 16. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf] Text
16. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN.pdf] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi energi dan sumber energi terbarukan dan serta kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran Fisika. Salah satu solusi yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Treffinger dengan berbantuan Videoscribe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Treffinger berbantuan Videoscribe terhadap keterampilan berpikir kreatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 12 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, diperoleh kelas X-8 (37 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 (37 orang) sebagai kelas kontrol. Siswa diberikan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk uraian berjumlah 7 soal pada materi pemanasan global untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (� = 0,05) menunjukkan bahwa �ℎ����� > ������ yakni 2,17 > 1,67 yang berarti �0 ditolak dan �� diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Treffinger berbantuan videoscribe berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pemanasan global di kelas X SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.

Kata kunci: model Treffinger, Videoscribe, keterampilan berpikir kreatif, pemanasan global.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 05 Dec 2025 08:29
Last Modified: 05 Dec 2025 08:29
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item
View Item