Khoerunnisa, Khoerunnisa (2024) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) AL-Khoeriyah Bantar Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1COVER.pdf
Download (42kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (297kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (262kB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (47kB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (118kB)
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (96kB)
7 BAB 1.pdf
Download (169kB)
8 BAB 2.pdf
Download (295kB)
9 BAB 3.pdf
Download (221kB)
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (50kB)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (48kB)
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (53kB)
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Menelaah struktur dan menyajikan teks prosedur merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas VIIC MTs Al-Khoeriyah Bantar Tahun Ajaran 2023/2024 yang belum mampu menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya pembelajaran Numbered Head Together (NHT) meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks prosedur. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil belajar siklus I aspek pengetahuan kompetensi dasar 3.6 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan, peserta didik yang belum mencapai KKM 19 orang (68%) dan yang sudah mencapai KKM 9 orang (32%), dan aspek keterampilan kompetensi dasar 4.6 menyajikan teks prosedur, peserta didik yang belum mencapai KKM 19 orang (68%) dan yang sudah mencapai KKM 9 orang (32%) standar KKM di MTs Al-Khoeriyah Bantar 75, pada siklus II, aspek pengetahuan kompetensi dasar 3.6 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan, peserta didik yang sudah mencapai KKM 28 orang (100%), dan aspek keterampilan kompetensi dasar 4.6 menyajikan teks prosedur, peserta didik yang sudah mencapai KKM 28 orang (100%). Hasil uji Wilcoxon diketahui bahwa W hitung (0) < W tabel (0,01). Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut menunjukkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan dalam menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks prosedur pada peserta didik kelas VII C MTs Al-Khoeriyah Bantar Tasikmalaya 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 08:23 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 08:23 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2123 |
